Strategi Komunikasi Politik Dr. H. Anang Budi Utomo, S.Pd., S.Mn., M.Pd. Dengan Konstituen di Kecamatan Gunungpati Dalam Memenangkan Pemilu DPRD Kota Semarang


Muhammad Erik Faizal Malikul Anam, 3312416046 (2023) Strategi Komunikasi Politik Dr. H. Anang Budi Utomo, S.Pd., S.Mn., M.Pd. Dengan Konstituen di Kecamatan Gunungpati Dalam Memenangkan Pemilu DPRD Kota Semarang. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena terpilihnya Dr. H. Anang Budi Utomo, S.Pd, S.Mn, M.Pd sebagai anggota DPRD Komisi D Kota Semarang selama tiga periode secara berturut�turut terhitung sejak tahun 2009, 2014 dan yang terakhir pada tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Politik yang dilakukan oleh aktor politik atau legislator tersebut dalam upaya memperoleh keberhasilannya memenangkan Pemilu DPRD Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian untuk memahami fenomena dengan cara deskripsi, yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara baik dengan Dr. H. Anang Budi Utomo, S.Pd, S.Mn, M.Pd sebagai narasumber ,stakeholder tokoh masyarakat dan badan lembaga organisasi Ansor, Banser & Fatayat dari strategi komunikasi politik yang dibangun di wilayah Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Wilayah Kecamatan Gunungpati merupakan wilayah strategis dengan prospektifitas yang tinggi sebagai basis suara dari objek penelitian dikarenakan selain sebagai tempat tinggal asli dari Dr. H. Anang Budi Utomo, S.Pd, S.Mn, M.Pd hingga menimbulkan perasaan dekat layaknya keluarga terhadap masyarakat serta wilayah tersebut masih di dominasi oleh penduduk warga masyarakat asli yang terkenal dengan sifat keramah tamahannya dan kepeduliannya yang tinggi sehingga memberikan timbal balik positif dalam kegiatan politiknya. 2) hal ini di dukung oleh strategi komunikasi politiknya yaitu melalui spirit sosial, kebudayaan daerah dan sektor pendidikan, sehingga Pak Anang dapat menjabat secara periodik berturut-turut selama tiga periode sejak tahun 2009 hingga tahun 2024 sebagai akhir masa jabatannya sebagai anggota DPRD Kota Semarang. Adapun saran penelitian ini adalah kepada Aktor Politik atau Legisator agar lebih mengedepankan komunikasi politik dengan cara yang lebih praktis melalui proses yang singkat untuk menghindari titik jenuh konstituen terhadap pesan atau proses strategi komunikasi politik yang dibangun. Kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan proses komunikasi politik dengan baik sehingga memberikan dampak positif yang berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Politik, Konstituen, Wilayah Kecamatan Gunungpati.
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Apr 2024 03:43
Last Modified: 01 Apr 2024 03:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62474

Actions (login required)

View Item View Item