KAMPANYE SOSIAL PENDIDIKAN MELALUI STUDI INDEPENDEN A BETTER WORLD ACADEMY DI JAWA TENGAH


Ima Khomsani, 3301419089 (2023) KAMPANYE SOSIAL PENDIDIKAN MELALUI STUDI INDEPENDEN A BETTER WORLD ACADEMY DI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (27MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya kualitas pendidikan Indonesia dan tantangan pendidikan karena pandemi Covid-19 yang melahirkan berbagai inovasi pendidikan. Rendahnya kualitas pendidikan Indonesia didasarkan pada data UNDP yang menyatakan bahwa Indonesia menempati peringkat 107 dari 189 negara. Menurunnya kualitas pendidikan disebabkan karena beberapa faktor, salah satunya ialah tingkat literasi dan numerasi yang rendah serta kurangnya sarana dan prasarana. Berdasarkan uraian tersebut pemerintah memberikan berbagai inovasi program pendidikan, salah satunya Studi A Better World Academy yang memberikan solusi melalui pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan implementasi kampanye sosial di Jawa Tengah untuk membantu menyediakan sarana dan prasarana pada Sanggar Genius Yatim Mandiri serta memberikan kesadaran pentingnya pendidikan pada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian dilakukan pada kegiatan Studi Independen A Better World Academy secara dalam jaringan (daring) dan implementasi kampanye pada Sanggar Genius Yatim Mandiri Kudus. Pengumpulan data penelitian diperoleh melalui sumber data primer dengan wawancara, observasi dan dokumentasi serta dengan sumber data sekunder melalui buku dan artikel. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik serta menggunakan teknik analisis data dengan Model Analisis Data Interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Platform yang digunakan dalam Studi Independen A Better World Academy yaitu Thinkific, Slack, Zoom Meeting, Google Drive, Email, dan Whatsapp yang menggunakan konsep dan ketentuan penggunaan sesuai kebutuhan kegiatan. 2) Proses pembelajaran kegiatan memiliki alur, jenis dan indikator kegiatan yang jelas mulai dari Welcoming Students, Get Started, Tatap Muka Daring, Class Series, Students Check Point, Campfire, Virtual Class with Mentor, Group Discussion, Bi-weekly Check-in, Final Check- in, Presentation Day, dan Graduation Day. 3) Implementasi kampanye sosial pendidikan oleh mahasiswa melalui organisasi Yatim Mandiri Kudus berupaya meningkatkan kepedulian terhadap pendidikan khususnya pendidikan anak yatim dan duafa serta memperbaiki sarana dan prasarana 7 Sanggar Genius Yatim di Jawa Tengah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, alternatif saran ditujukan khususnya pada Kemendikbudristek, Yatim Mandiri dan PT untuk terus memfasilitasi, menjaga, mempertahankan, membudayakan dan mendampingi program Studi Independen. Bagi mahasiswa untuk mengikuti program Studi Independen A Better World Academy dan berperan aktif dalam program MBKM.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Studi Independen, Kampanye Sosial, Pendidikan.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Apr 2024 03:34
Last Modified: 01 Apr 2024 03:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62472

Actions (login required)

View Item View Item