PENGARUH PEMANFAATAN POSTER BERBASIS QR CODE TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH KELAS XI MIPA DI SMAN 1 KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2022/2023


Ika Feamitha, 3101419091 (2023) PENGARUH PEMANFAATAN POSTER BERBASIS QR CODE TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH KELAS XI MIPA DI SMAN 1 KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena menemukan permasalahan dalam pembelajaran sejarah di XI MIPA SMAN 1 Karanggede. Permasalahan mengenai pembelajaran sejarah yang kurang variatif menyebabkan minat belajar rendah. Tujuan penelitian ini yakni: (1) Untuk menganalisis pemanfaatan poster berbasis QR Code dalam pembelajaran sejarah di kelas XI MIPA SMAN 1 Karanggede Kabupaten Boyolali. (2) Untuk menganalisis minat belajar sejarah setelah memanfaatkan poster berbasis QR Code dalam pembelajaran sejarah kelas XI MIPA di SMAN 1 Karanggede Kabupaten Boyolali. (3) Untuk menganalisis tingkat pengaruh pemanfaatan poster berbasis QR Code terhadap minat belajar sejarah kelas XI MIPA SMAN 1 Karanggede Kabupaten Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre-eksperimental dengan desain one-shot case study. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling pada empat kelas MIPA sebanyak 60 responden. Pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut: (1) Pemanfaatan poster berbasis QR Code cocok diterapkan sebagai media pembelajaran visual. Poster berbasis QR Code memuat fungsi atentif, afektif, kognitif, dan kompensatoris dengan persentase sebesar 81,5% termasuk dalam kategori sangat baik. (2) Minat belajar sejarah dapat dianggap rendah karena nilai rata-rata tidak tuntas KKM dan setelah menerapkan media poster berbasis QR Code dapat meningkat dan tuntas KKM. Minat belajar sejarah berhasil meningkat dengan persentase sebesar 79,73% termasuk kategori baik. (3) Data penelitian menunjukkan bahwa poster berbasis QR Code berpengaruh terhadap minat belajar sebesar R Square 0.756 atau 75,6% dari yang diharapkan. Simpulan dari penelitian ini yakni semakin memanfaatkan poster berbasis QR Code semakin meningkatkan minat belajar sejarah peserta didik. Penelitian ini memiliki keberhasilan dan keterbatasan dalam pelaksanaannya. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan rujukan yakni: (1) Media poster berbasis QR Code dapat diterapkan sebagai media pembelajaran sejarah yang berbentuk banner untuk mencapai pembelajaran jangka panjang. (2) Penelitian selanjutnya dapat menelusuri pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar sejarah menggunakan media poster berbasis QR Code untuk memperkuat hasil penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah, Poster Berbasis QR Code, dan Minat Belajar Sejarah.
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Apr 2024 03:42
Last Modified: 01 Apr 2024 03:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62470

Actions (login required)

View Item View Item