Keefektifan Pembelajaran IPS Melalui Model Mind Mapping (Peta Pikiran) untuk Mengenal Permasalahan Sosial di Daerah Setempat bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Paduraksa

Johar Alimuddin , 1402407106 (2011) Keefektifan Pembelajaran IPS Melalui Model Mind Mapping (Peta Pikiran) untuk Mengenal Permasalahan Sosial di Daerah Setempat bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Paduraksa. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Keefektifan Pembelajaran IPS Melalui Model Mind Mapping (Peta Pikiran) untuk Mengenal Permasalahan Sosial di Daerah Setempat bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Paduraksa) - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    Salah satu karakteristik pelajaran IPS yaitu cenderung pada hafalan, oleh karena itu guru perlu menggunakan model pembelajaran yang dapat membantu siswa mengingat. Mudahnya siswa mengingat apa yang dihafalkan dapat berdampak positif pada peningkatan hasil belajar IPS siswa. Model pembelajaran mind mapping (peta pikiran) merupakan salah satu model yang dapat membantu siswa dalam mengingat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS materi permasalahan sosial di daerah setempat. Bentuk penelitian ini yaitu eksperimen. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 02 Paduraksa sebagai kelas eksperimen dan di kelas IV SD Negeri 04 Paduraksa sebagai kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini merupakan sampel jenuh, karena seluruh anggota populasi dalam penelitian menjadi anggota sampel. Jumlah sampel pada saat penelitian di kelas IV SD Negeri 02 dan 04 Paduraksa adalah 55 siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu perbandingan grup statis. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode korelasi pearson product moment untuk uji validitas dan Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas. Metode Lilliefors digunakan untuk menguji normalitas data serta metode independent sample t-test untuk mengetahui uji homogenitas dan uji t (pengujian hipotesis). Semua penghitungan tersebut diolah dengan bantuan SPSS versi 17. Setelah dilakukan penelitian, nilai hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dibandingkan, kemudian dianalisis. Dalam penelitian juga dilakukan pengamatan aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran mind mapping. Setelah dilakukan pengamatan aktivitas, diperoleh rata-rata nilai aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen sebesar 71,13. Nilai tersebut termasuk dalam kategori baik. Aktivitas belajar yang baik tentu berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Perbandingan nilai hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 69,68 dan 60,00. Setelah dianalisis secara statistik menggunakan program SPSS versi 17, diperoleh hasil thitung = 2,042 dan signifikansi = 0,046. Harga ttabel dengan dk 53 dan α 0,05= 2,006. Karena thitung > ttabel serta signifikansi 0,046 < 0,05, maka terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran peta pikiran dan yang tidak. Mengacu pada hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa. Dengan demikian model pembelajaran mind mapping berpengaruh efektif dan signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi permasalahan sosial di daerah setempat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Peta Pikiran, Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 25 Oct 2011 21:01
    Last Modified: 25 Apr 2015 02:16

    Actions (login required)

    View Item