PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 MATERI KOLONIALISME DAN IMPERIALISME DI INDONESIA KELAS XI MIPA SMA N 1 WANASARI KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2022/2023


Indriyani, 3101419037 (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 MATERI KOLONIALISME DAN IMPERIALISME DI INDONESIA KELAS XI MIPA SMA N 1 WANASARI KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil pra penelitian di SMA N 1 Wanasari menunjukan bahwa media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran sejarah materi Kolonialisme dan Imperialisme di Indonesia hanya menggunakan powerpoint dan video pembelajaran dari internet dengan bahan ajar berupa buku pegangan siswa SMA kelas XI yang diterbitkan oleh Kemendikbud. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) Mendeskripsikan kondisi dan kebutuhan media pembelajaran sejarah materi Kolonialisme dan Imperialisme di Indonesia di SMA Negeri 1 Wanasari, (2) Mengembangkan multimedia interaktif berbasis website berbantuan Articulate Storyline 3 pada materi Kolonialisme dan Imperialisme di Indonesia, (3) Menguji kelayakan multimedia interaktif berbasis website berbantuan Articulate Storyline 3 pada materi Kolonialisme dan Imperialisme di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Beberapa tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu, Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, penyebaran angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah skala likert. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Berdasarkan hasil analisis kondisi dan kebutuhan media pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa memberikan representasi bahwa pengembangan multimedia interaktif berbasis website berbantuan Articulate Storyline 3 materi Kolonialisme dan Imperialisme di Indonesia perlu dilakukan, (2) Pengembangan multimedia interaktif berbasis website berbantuan Articulate Storyline 3 materi Kolonialisme dan Imperialisme di Indonesia dibuat dengan bantuan Aplikasi Adobe Ilustrator, Articulate Storyline 3, dan Github Desktop, (3) Hasil persentase validasi dari ahli materi sebesar 75% dengan kategori Baik, dari ahli media sebesar 83,5% dengan kategori Sangat Baik, dari ahli pembelajaran (guru) sebesar 96% dengan kategori Sangat Baik, dan persentase uji kelayakan dari siswa sebesar 97,31% dengan kategori Sangat Baik. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis website berbantuan Articulate Storyline 3 materi Kolonialisme dan Imperialisme di Indonesia masuk dalam kategori Sangat baik atau Layak untuk dimanfaatkan sebagai media dalam pembelajaran sejarah di SMA N 1 Wanasari

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Multimedia Interkatif, Berbasis Website.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Apr 2024 03:10
Last Modified: 01 Apr 2024 03:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62464

Actions (login required)

View Item View Item