PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 ANDONG BOYOLALI


Indah Suprihatin, 3301418060 (2023) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 ANDONG BOYOLALI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan sebuah mata pelajaran yang memiliki tujuan dalam pembentukan moral masyarakat Indonesia. Agar proses belajar mengajar dalam mata pelajaran PPKn berjalan dengan baik, oleh karena itu maka pelaksanaan pembelajaran PPKn perlu didukung oleh situasi kondisi pembelajaran yang kondusif. Serta kemampuan guru yang dapat mengorganisir pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan model pembelajaran dengan menggunakan Discovery Learning dan Problem Based Learning pada mata pelajaran PPKn kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Andong Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 3 dan guru PPKn SMA Negeri 1 Andong Boyolali. Teknik pengumpulan data dilakukan secara langsung oleh peneliti dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan reduksi data, penyajian data, dan langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Pelaksanaan model pembelajaran Discovery Learning mulai dari tahap stimulation, problem statement, data collection, data procecing, verification,dan generalization. (2) Pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning mulai dari tahap orientasi masalah, koordinir pembelajaran, penyelidikan permasalahan, penyajian masalah, analisis dan evaluasi, serta kesimpulan. (3) Pembelajaran yang diberikan sesuai dengan RPP yang dibuat, mulai dari tahap perencanaan sampai dengan tahap penilaian. (4) Setelah melihat dan mengikuti pelaksanaan pembelajaran PPKn di kelas XI IPS 3 dengan materi kasus-kasus pelanggaran HAM di SMA Negeri 1 Andong Boyolali peneliti dapat menyimpulkan bahwasannya pembelajaran yang tepat untuk kelas XI IPS 3 dalam konteks materi tersebut adalah pembelajaran Problem Based Learning. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah bagi guru perlu memilah dan memilih model pembelajaran yang cocok seperti apa yang cocok untuk pembelajaran PPKn, sedangkan untuk peserta didik adalah agar tetap aktif berarguentasi, berpikir kritis dalam pembelajaran dikelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PPKn, Discovery Learning, Problem Based Learning
Subjects: L Education > Educational Institutions > school management
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Apr 2024 03:06
Last Modified: 01 Apr 2024 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62463

Actions (login required)

View Item View Item