PERSEPSI SISWA TENTANG NILAI KEPAHLAWANAN PANGERAN DIPONEGORO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI PERANG DIPONEGORO DI SMA NEGERI 1 SALATIGA


Helma Rahma Putra, 3101419019 (2023) PERSEPSI SISWA TENTANG NILAI KEPAHLAWANAN PANGERAN DIPONEGORO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI PERANG DIPONEGORO DI SMA NEGERI 1 SALATIGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan (1) untuk mengetahui bagaimana materi pembelajaran sejarah tentang Perang Diponegoro di SMA Negeri 1 Salatiga (2) untuk mengetahui bagaimana metode pembelajaran sejarah tentang Perang Diponegoro SMA Negeri 1 Salatiga (3) untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana persepsi siswa mengenai nilai kepahlawanan Pangeran Diponegoro dalam pembelajaran sejarah materi Perang Diponegoro di SMA Negeri 1 Salatiga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan, hasil observasi, dan dokumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan kajian dokumen. Data-data yang sudah diperoleh akan di uji validitasnya dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah analisi kualitatif yang terdiri pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) materi Perang Diponegoro mencakup biografi Pangeran Diponegoro, penyebab terjadinya Perang Diponegoro, jalanya Perang Diponegoro, tokoh-tokoh dalam Perang Diponegoro, akhir Perang Diponegoro dan atau strategi Belanda dalam Perang Diponegoro, dampak dari Perang Diponegoro bagi Belanda, dan nilai-nilai kepahlawanan Pangeran Diponegoro dalam Perang Diponegoro. (2) metode yang digunakan pembelajaran sejarah materi Perang Diponegoro di kelas XI MIPA 1 adalah metode ceramah dan tanya jawab. (3) persepsi siswa tentang nilai kepahlawanan Pangeran Diponegoro dalam pembelajaran sejarah materi Perang Diponegoro di SMA Negeri 1 Salatiga yaitu siswa bisa menghargai nilai kepahlawanan Pangeran Diponegoro yang ditunjukkan dengan siswa yang mengetahui sosok Pangeran Diponegoro dan nilai-nilai keteladanan Pangeran Diponegoro. siswa juga apat mengetahui nilai-nilai apa yang bisa mereka ambil dari sosok Pangeran Diponegoro dan juga alasan mengapa nilai-nilai tersebut pantas untuk ditiru. Sedangkan dalam hal memaknai nilai kepahlawanan Pangeran Diponegoro, sebagian besar siswa sudah dapat meniru dan menerapkan nilai-nilai keteladanan Pangeran Diponegoro, sebagian ada yang belum bisa meniru atau mencontoh, ada juga yang sudah tetapi belum semua, dan ada yang belum tapi ingin mencontoh nilai keteladanan Pangeran Diponegoro Saran kepada guru agar lebih memperdalam materi tentang Perang Diponegoro. Ada siswa yang mengatakan bahwa materi yang disampaikan masih hanya sebatas yang ada di buku. Saran yang peneliti dapat berikan lagi kepada guru dalah tentang penggunaan metode saat pembelajaran materi Perang Diponegoro. Guru dapat menggunakan metode seperti diskusi agar siswa juga lebih aktif lagi, walaupun menggunakan metode tanya jawab siswa juga aktif

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pangeran Diponegoro, Pembelajaran Sejarah, Perang Diponegoro
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:58
Last Modified: 01 Apr 2024 02:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62462

Actions (login required)

View Item View Item