PARTISIPASI PEREMPUAN ANGGOTA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PEMBANGUNAN DESA WISATA SUSUKAN KECAMATAN COMAL KABUPATEN PEMALANG


Silviana, 3301418023 (2023) PARTISIPASI PEREMPUAN ANGGOTA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PEMBANGUNAN DESA WISATA SUSUKAN KECAMATAN COMAL KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Pemalang memiliki program unggulan Desa Wisata (Dewi) sebagai upaya pengentasan kemiskinan ekstrem. Yang mana dalam pelaksanaannya, terdapat patisipasi perempuan untuk menunjukkan komitmen dan berhasil mengimplementasikan Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam programnya. Dan karena hal ini, Kabupaten Pemalang dianugerahi penghargaan Anugrah Parahita Ekaparya (APE) oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Bentuk-bentuk partisipasi perempuan anggota Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam pelaksanaan program pembangunan Desa Wisata Susukan Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang 2) Faktor pendorong dan penghambat partisipasi perempuan anggota Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam pelaksanaan program pembangunan Desa Wisata Susukan Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Desa Susukan Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang pada Badan Usaha milik Desa (BUMDes) Maju Jaya Sakti Desa Susukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan yaitu model interaktif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Bentuk-bentuk partisipasi perempuan anggota Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berupa partisipasi buah pikiran, partisipasi tenaga, partisipasi keterampilan dan partisipasi sosial. 2) Faktor yang mendorong partisipasi perempuan anggota Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Susukan dalam pelaksanaan program pembangunan Desa Wisata Susukan Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang di antaranya yaitu memiliki kesadaran dan kemauan partisipasi untuk memajukan desa dan adanya akses dalam berpartisipasi. Faktor yang menghambatnya yakni kegiatan domestik personal perempuan dalam kepentingan mengurus rumah tangga. Saran, Perempuan anggota BUMDes Maju Jaya Sakti Desa Susukan diharapkan dapat mengoptimalkan partisipasinya pada kegiatan pengelolaan Desa Wisata Susukan dan diharapkan meningkatkan partisipasinya dalam pengembangan Desa Wisata Susukan. Sedangkan bagi Pemerintah Desa Susukan diharapkan dapat mengakomodir kelompok perempuan untuk ikutserta dalam pengembangan Desa Wisata Susukan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Perempuan, Pembangunan Desa Wisata
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:57
Last Modified: 01 Apr 2024 02:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62461

Actions (login required)

View Item View Item