STRATEGI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 TANJUNG TAHUN AJARAN 2022/2023


Mutiara, 3101419010 (2023) STRATEGI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 TANJUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan kurikulum di Indonesia terus berganti seiring dengan perkembangan zaman mengikuti kebutuhan siswa salah satunya kurikulum merdeka. Penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran banyak mengalami perubahan salah satunya mata pelajaran sejarah yang terintegrasi dengan IPS pada fase E. Oleh karena itu penerapan kurikulum merdeka membutuhkan strategi pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran oleh guru sejarah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui strategi pembelajaran sejarah dalam implementasi kurikulum merdeka di SMA N 01 Tanjung, (2) Mengetahui apa saja faktor penghambat guru dalam implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran sejarah, (3) Mengetahui bagaimana respon siswa terhadap penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA N 01 Tanjung. Sumber data dalam penelitian meliputi informan guru sejarah, waka kurikulum, siswa, aktivitas pembelajaran sejarah, dan dokumen/perangkat ajar guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Strategi guru dalam implemenatsi kurikulum merdeka pada pendidikan sejarah diantaranya guru menyiapkan sejumlah perangkat ajar yaitu materi pembelajaran, media pembelajaran seperti PPT, video pembelajaran dan game aplikasi, metode pembelajaran ceramah bervariasi, diskusi, dan kebebasan dalam menggunakan sumber belajar. Guru sejarah menerapkan model pembelajaran problem based learning dan project based learning untuk melatih kemapuan berpikir kritis siswa sesuai dengan kurikulum merdeka. (2) Adapun kendala guru dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah diantaranya waktu yang tidak cukup karena pemadatan materi, masih beradaptasi, belum dilakukannya pengembangan modul ajar, dan beberapa siswa yang masih belum termotivasi dalam belajar. (3) Respon yang ditunjukkan siswa dalam pembelajaran yaitu senang dengan adanya pembelajaran berbasis proyek, dipermudah dalam pemanfaatan sumber belajar dan lebih berani untuk berpendapat sehingga siswa aktif dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian, dapat diperoleh kesimpulan bahwa strategi guru dalam implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran sejarah di SMA N 01 Tanjung berjalan dengan baik meskipun belum secara optimal mengingat SMA ini masih pemula. Guru telah menerapkan metode pembelajaran yang tepat dan disukai siswa serta mempermudah siswa dalam pemanfaatan sumber belajar. Adapun kendala yang dialami guru maupun siswa akan terus diperbaiki seiring dengan proses. Adapun saran bahwa guru harus lebih meningkatkan pemahamannya mengenai penerapan kurikulum merdeka ini agar pembelajaran sejarah dapat berjalan secara maksimal kedepannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum Merdeka, Guru Sejarah, Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:54
Last Modified: 01 Apr 2024 02:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62460

Actions (login required)

View Item View Item