Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas VIIC SMP Negeri 1 Bobotsari Kabupaten Purbalingga Menggunakan Teknik Pancingan Kata Pembuka “Upama aku dadi…” dan Beberapa Kata Penggiring


Nur Umayah , 2102407178 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas VIIC SMP Negeri 1 Bobotsari Kabupaten Purbalingga Menggunakan Teknik Pancingan Kata Pembuka “Upama aku dadi…” dan Beberapa Kata Penggiring. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas VIIC SMP Negeri 1 Bobotsari Kabupaten Purbalingga Menggunakan Teknik Pancingan Kata Pembuka “Upama aku dadi…” dan Beberapa Kata Penggiring]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas VIIC SMP Negeri 1 Bobotsari Kabupaten Purbalingga Menggunakan Teknik Pancingan Kata Pembuka “Upama aku dadi…” dan Beberapa Kata Penggiring) - Published Version
Download (767kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis narasi siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Bobotsari masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Nilai rata-rata siswa 66 sedangkan KKM-nya 75. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yang berasal dari siswa, guru, atau teknik pembelajaran yang digunakan. Salah satu faktor yang menjadi penyebab yaitu siswa merasa kesulitan untuk mulai menulis karangan. Karena itu, diperlukan upaya mengatasinya. Hal inilah yang mendorong dilakukannya penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik pancingan kata pembuka “Upama aku dadi…” dan beberapa kata penggiring untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menulis. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana peningkatan keterampilan siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Bobotsari Kabupaten Purbalingga setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi menggunakan teknik pancingan kata pembuka “Upama aku dadi…” dengan beberapa kata penggiring, (2) bagaimanakah perubahan sikap dan tingkah laku pada siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Bobotsari Kabupaten Purbalingga setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi menggunakan teknik pancingan kata pembuka “Upama aku dadi…” dengan beberapa kata penggiring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dan perubahan perilaku siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Bobotsari Kabupaten Purbalingga setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi menggunakan teknik pancingan kata pembuka “Upama aku dadi…” dengan beberapa kata penggiring. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas empat kegiatan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes dan hasil nontes. Data tes berupa hasil pekerjaan siswa menulis karangan narasi, sedangkan data nontes diperoleh dari hasil observasi, lembar jurnal, dan wawancara pada tiap siklus. Setelah data diperoleh, data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk data tes dan deskriptif kualitatif untuk data nontes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Bobotsari. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi dengan teknik pancingan kata pembuka “Upama aku dadi…” dengan beberapa kata penggiring. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes yang diperoleh pada prasiklus sebesar 66 (kategori kurang), meningkat pada siklus I yang menunjukkan nilai 68,30 (kategori kurang), dan hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebesar 3,48%. Nilai rata-rata pada siklus II sebesar 78,32 (kategori cukup). Berdasarkan hasil tersebut terjadi peningkatan sebesar 14,67% dari siklus I. Melalui hasil tes dapat disimpulkan bahwa teknik pancingan kata pembuka “Upama aku dadi…” dengan beberapa kata penggiring dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi sebesar 18,67% dari hasil prasiklus. Berdasarkan hasil nontes dapat diketahui adanya perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih baik. Hal ini dibuktikan dengan berkurangnya jumlah siswa yang berperilaku negatif seperti bermalas-malasan, tidak mendengarkan materi dengan baik, mengantuk, dan mengganggu teman lain. Saran penelitian ini yaitu guru diharapkan lebih kreatif dalam menggunakan dan mengembangkan teknik pancingan kata pembuka “Upama aku dadi…” dan teknik-teknik pembelajaran lainnya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis. Adapun siswa disarankan untuk terus berlatih menulis menggunakan teknik pancingan kata pembuka “Upama aku dadi…” agar keterampilan menulisnya semakin berkembang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, narasi, teknik pancingan kata pembuka.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 Oct 2011 00:57
Last Modified: 25 Apr 2015 06:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6246

Actions (login required)

View Item View Item