STRATEGI GURU MENANAMKAN KARAKTER KERJA KERAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023


Abdul Rozaq Fakhrudin, 3101418085 (2023) STRATEGI GURU MENANAMKAN KARAKTER KERJA KERAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran merupakan sebuah hal penting karena menentukan keberhasilan dalam proses dan hasil pembelajaran. Dalam menerapkan strategi pembelajaran, guru kerap kali menemukan hambatan yang berasa dari berbagai macam faktor. Guru dituntut memberikan solusi untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru yang diterapkan pada pembelajaran sejarah, menganalisis hambatan yang ada saat pembelajaran, dan meganalisis solusi yang diberikan guru untuk mengatasi hambatan dalam menenamkan nilai karakter kerja keras kepada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus yang dilakukan di SMA Negeri 1 Salatiga pada tahun ajaran 2022/2023. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari narasumber yaitu empat guru sejarah SMA Negeri 1 Salatiga sebagai informan, peristiwa berupa pembelajaran sejarah, dan dokumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan modul pembelajaran. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Salatiga terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran sejarah dalam rangka menanamkan nilai karkater kerja keras seperti penggunaan pendekatan, model, dan media pembelajaran diterapkan berbeda-beda pada tiap guru yang menjadi narasumber dalam penelitian ini. Ketika guru menerapkan strategi dalam pembelajaran, guru menemukan sedikit hambatan. Hambatan itu berasal dari guru dan siswa. Hambatan itu diatasi dengan solusi yang diberikan guru untuk menghilangkan masalah yang ada. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Salatiga sudah baik dan hanya memiliki sedikit hambatan. Tidak ada saran untuk proses pembelajaran sejarah di SMA N 1 Salatiga karena semua sudah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Pembelajaran Sejarah, Karakter Kerja Keras
Subjects: L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:47
Last Modified: 01 Apr 2024 02:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62458

Actions (login required)

View Item View Item