EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO-VISUAL LEGENDA GOA KREO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA N 7 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023


Muhamad Irfan Affudin, 3101418042 (2023) EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO-VISUAL LEGENDA GOA KREO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA N 7 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Zaman yang semakin maju dan berkembang menuntut guru untuk selalu mengembangkan media pembelajaran agar dapat memfasilitasi siswa dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang menyenangkan diharapkan mampu menarik perhatrian serta meningkatkan motivasi belajar siswa. Inovasi pembelajaran berbasis digital dalam penelitian ini menggunakan media audio-visual Legenda Goa Kreo sebagai suplemen dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses pembelajaran Sejarah Indonesia kelas XI IPS SMA Negeri 7 Semarang, 2) Mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa pada kelas yang menggunakan media audio-visual Legenda Goa Kreo dengan kelas yang tidak menggunakan media audio-visual Legenda Goa Kreo, dan 3) Mengetahui pengaruh penggunaan media audio-visual Legenda Goa Kreo terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 7 Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design dan teknik pengumpulan data melalui observasi dan angket. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 7 Semarang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent t-test dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Sejarah Indonesia di kelas XI IPS SMA Negeri 7 Semarang berjalan dengan baik. Guru sejarah menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi. Proses pembelajaran telah memanfaatkan sarana dan prasarana sekolah, dalam hal ini adalah LCD proyektor ataupun sound system yang telah disediakan setiap kelas. Hasil analisis menggunakan uji independent t-test menunjukkan nilai signifikan (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05, serta nilai thitung > ttabel, yaitu 0,478 > 1,688, maka Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh penggunaan media audio�visual Legenda Goa Kreo terhadap motivasi belajar siswa sebesar 22,8%. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa media audio-visual Legenda Goa Kreo berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. Penggunaan media audio-visual Legenda Goa Kreo disarankan untuk dapat digunakan sebagai suplemen dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Audio-Visual Legenda Goa Kreo, Motivasi Belajar, Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:36
Last Modified: 01 Apr 2024 02:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62456

Actions (login required)

View Item View Item