PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP ISLAM AL-AZHAR 5 CIREBON
Diaz Ayu Sudwiarrum, 0301521016 (2023) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP ISLAM AL-AZHAR 5 CIREBON. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Aktivasi sistematis siswa dan pemeliharaan kognisi, perilaku serta pengaruh atas pencapaian tujuan dikenal sebagai kemandirian belajar. Beberapa siswa tidak menganggap kemandirian belajar penting; siswa terkadang tidak menyelesaikan tugasnya dan lebih sering menggunakan internet untuk bermain game dibandingkan untuk belajar. Siswa yang kurang memiliki kemandirian belajar terlihat pada interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis interaksi sosial siswa, pemanfaatan internet siswa, kemandirian belajar siswa, dan menganalisis pengaruh interaksi sosial dan pemanfaatan internet terhadap kemandirian belajar siswa SMP Islam Al-Azhar 5 Cirebon. Penelitian kuantitatif menjadi fokus penelitian ini. Penelitian ini menggunakan tiga kelompok variabel: variabel X1 (interaksi sosial), X2 (penggunaan internet), dan Y (kemandirian belajar) dalam desainnya. Populasi penelitian sebanyak 180 siswa kelas VIII SMP Islam Al-Azhar 5 Cirebon yang dipilih secara random sampling. Dalam penelitian ini, kuesioner dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Adapun regresi linier berganda merupakan metode yang digunakan dalam analisis data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) Tingkat interaksi sosial siswa termasuk dalam kategori sangat tinggi, 2) Tingkat pemanfaatan internet siswa termasuk dalam kategori tinggi. 3) Hasil nilai uji simultan (Uji) diperoleh Fhitung > Ftabel yakni 61,811 > 3,08 sedangkan nilai sig 0,000 < 0,05 dari alpha taraf 5% sehingga H3 diterima yang artinya “Terdapat pengaruh yang signifikan Interaksi Sosial dan Pemanfaatan Internet terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMP Islam Al-Azhar 5 Cirebon”. Koefisien determinasi memiliki pengaruh sebesar 53,2%, menurut analisis, dan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian memiliki pengaruh sebesar 46,8%. Berdasarkan temuan penelitian ini, diharapkan sekolah dapat bersosialisasi dan menjalin komunikasi dengan orang lain, siswa dapat meningkatkan pengaturan diri dalam berinteraksi dengan lingkungan sosialnya dan menggunakan internet secara bijak, serta guru dapat terus meningkatkan profesionalisme dengan menggali kesenangan. dan metode dan media pembelajaran yang efektif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interaksi Sosial, Internet, Kemandirian belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial S2 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 01 Apr 2024 01:49 |
Last Modified: | 01 Apr 2024 01:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62447 |
Actions (login required)
View Item |