Korelasi antara Penguasaan Le temps dan L’aspect dengan Kemampuan Menulis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Semester II Tahun 2010/2011 Universitas Negeri Semarang
Didin Najmudin , 2301404028 (2011) Korelasi antara Penguasaan Le temps dan L’aspect dengan Kemampuan Menulis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Semester II Tahun 2010/2011 Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Korelasi antara Penguasaan Le temps dan L’aspect dengan Kemampuan Menulis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Semester II Tahun 2010/2011 Universitas Negeri Semarang)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penguasaan empat keterampilan berbahasa, yakni keterampilan menyimak, membaca, berbicara dan menulis merupakan tujuan akhir dari pembelajaran bahasa. Untuk dapat mencapai keempat keterampilan berbahasa tersebut harus didukung oleh beberapa kemampuan yang diantaranya adalah penguasaan kala dan aspek. Penguasaan kala dan aspek dapat diaplikasikan dalam berbagai kegiatan berbahasa, salah satunya adalah dengan menulis. Penenlitian ini bertujuan unuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara penguasaan le temps dan l’aspect dengan kemampuan menulis mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis semester II. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis, Jurusan Bahsa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang yang telah mengikuti mata kuliah linguistique II. Jumlah populasi dalam penelitian ini 20 mahasiswa, sehingga seluruh populasi dijadikan responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai nama dan jumlah mahasiswa dan metode tes yang digunakan untuk memperoleh data mengenai nilai penguasaan le temps dan l’aspect dan kemampuan menulis mahasiswa. Validitas yang digunakan adalah validitas isi, sedangkan untuk mengetahui reliabilitas instrumen penguasaan digunakan rumus alpha dan menulis digunakan rumus product-moment. Untuk mengetahui koefisien korelasi antara penguasaan le temps dan l’aspect dan kemampuan menulis digunakan rumus product-moment. Nilai rata-rata penguasaan le temps dan l’aspect adalah 64,75 dan nilai rata-rata kemampuan menulis karangan berbahasa Prancis adalah 58,8. Dari hasil analisis data menggunakan rumus korelasi product-moment diketahui bahwa nilai (0,494) lebih besar dari nilai (0,444) dengan taraf kepercayaan 95% untuk 20 responden. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa hipotesis kerja yang berbunyi “ada korelasi antara penguasaan le temps dan l’aspect dengan kemampuan menulis berbahasa Prancis ” diterima.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Le temps, l’aspect dan menulis |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PB Modern European Languages |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 26 Oct 2011 00:49 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6244 |
Actions (login required)
View Item |