PEMBELAJARAN KOMPOSISI TARI: KAJIAN PROSES KREATIF (IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA) SISWA SMP NEGERI 4 DEMAK


Wahidah Wahyu Martyastuti, 0204518005 (2023) PEMBELAJARAN KOMPOSISI TARI: KAJIAN PROSES KREATIF (IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA) SISWA SMP NEGERI 4 DEMAK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Tesis] PDF (Tesis)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum Merdeka atau sering disebut dengan Merdeka Belajar merupakan kurikulum terbaru yang dimunculkan pada tahun 2020. Merdeka belajar berfokus pada kebebasan dan pemikiran kreatif. Pembelajaran Seni Tari dengan kurikulum merdeka, membentuk proses kreatif. Pembelajaran komposisi tari pada mata pelajaran seni tari di SMP Negeri 4 Demak bertujuan agar siswa mampu menghasilkan gagasan, karya, dan dapat mengambil tindakan yang original atau belum pernah sebelumnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk menganalisis implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran tari pada siswa SMP Negeri 4 Demak, 2) untuk menganalisis pembelajaran komposisi tari: kajian proses kreatif (implementasi kurikulum Merdeka) siswa SMP Negeri 4 Demak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di SMP N 4 Demak karena SMP N 4 Demak sekolah yang telah menggunakan kurikulum Merdeka pada pembelajaran seni tari. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji transferabelitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Merdeka belajar merupakan suatu kebebasan yang diberikan kepada guru dan murid dalam berinovasi dan berkreasi dalam proses pembelajaran. Upaya untuk menerapkan kurikulum merdeka dimulai dengan peran kepala sekolah yang memfasilitasi workshop Kurikulum Merdeka. Guru mengimplementasikan dengan dimulai kegiatan pendahuluan, inti, dan kegiatan penutup. Pembelajaran proses kreatif komposisi tari pada mata pelajaran seni tari di SMP Negeri 4 Demak melalui tahap persiapan yang didalamnya terdapat tahap eksplorasi gerak tari. Tahap yang kedua yaitu inkubasi yang didalamnya terdapat tahap eksplorasi gerak lanjutan. Tahap yang ketiga yaitu iluminasi yang didalamnya terdapat tahap improvisasi gerak. Tahap yang terakhir adalah tahap verifikasi produksi atau evaluasi yang didalamnya terdapat tahapan evaluasi dan komposisi gerak. Saran yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah kepala sekolah untuk lebih memantau dalam perkembangan dan pemahaman guru di SMP N 4 Demak dengan pendekatan dan pelatihan kurikulum Merdeka dengan berbenah lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komposisi Tari, Proses Kreatif, Kurikulum Merdeka.
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:59
Last Modified: 25 Mar 2024 07:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62416

Actions (login required)

View Item View Item