TANGGUNG GUGAT BANK ATAS TINDAKAN SKIMMING PASCA PENERAPAN NATIONAL STANDART INDONESIAN CHIP CARD SPECIFICATION (NSICCS) DI INDONESIA


ANASTASYA PUTRI ELVIRA DULA NIM., 8111418190 (2023) TANGGUNG GUGAT BANK ATAS TINDAKAN SKIMMING PASCA PENERAPAN NATIONAL STANDART INDONESIAN CHIP CARD SPECIFICATION (NSICCS) DI INDONESIA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan National Standart Indonesian Chip Card Specification (NSICCS) merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi kartu ATM dalam dunia Perbankan di tengah maraknya kasus skimming yang merugikan pihak nasabah dan juga pihak bank akibat dari tanggung gugat oleh bank yang didasari dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dalam tujuannya untuk memenuhi hak nasabah yang rupanya belum secara khusus diatur dalam Hukum Perbankan. Kondisi demikian mengakibatkan belum sepenuhnya regulasi yang ada menjamin perlindungan hukum terhadap nasabah dan bank. Untuk itu, perlu kiranya untuk mengetahui bagaimana bank bertanggung gugat atas tindakan skimming yang merugian nasabah pula dikaitkan dengan berlakunya penerapan National Standart Indonesian Chip Card Specification (NSICCS) yang dinilai sebagai suatu perlindungan hukum terhadap bank. Guna menjawab isu tersebut, dilakukan penelitian hukum dengan jenis Yuridis Empris (non�doktrinal) dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer berupa observasi, wawancara dan dokumentasi dan data sekunder berupa peraturan perundang-undangan dan jurnal hukum. Data tersebut diuji validitas menggunakan teknik triangulasi sumber yang memeriksa data dari beberapa sumber guna mendapatkan analisis data kualitatif yang mudah untuk dibaca dan dipahami. Berdasarkan hasil dan pembahasan, ditemukan bahwa: (1) Bank bertanggung gugat atas kerugian nasabah dengan bentuk ganti kerugian aktual melalui pembuktian dari hasil investigasi bank untuk diselesaikan secara non-litigasi dengan berdasar pada ketentuan Hukum Perlindungan Konsumen ditengah belum adanya regulasi yang mengatur skimming secara khusus dalam hukum perdata yang diharap dapat memperjelas kedudukan nasabah dan bank pada Hukum Perbankan untuk terciptanya suatu perlindungan hukum; (2) Berlakunya penerapan NSICCS menjadi bentuk perlindungan preventif bagi nasabah dan bank dari skimming, yang agar berjalan efektif masih diperlukan penguatan sistem keamanan dengan diimbangi penerapan prinsip-prinsip perbankan juga regulasi yang mendukung perlindungan hukum agar mengindari timbulnya kerugian dan menciptakan instansi bank selalu berada dalam kondisi sehat, likuid, dan solvent.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Skimming, NSICCS, Tanggung Gugat Bank, Perlidungan Nasabah.
Subjects: K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:47
Last Modified: 25 Mar 2024 07:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62400

Actions (login required)

View Item View Item