ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATA KULIAH HANYU YUFA PADA MAHASISWA ANGKATAN 2021 PRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Lia Falasifah, 2404418026 (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATA KULIAH HANYU YUFA PADA MAHASISWA ANGKATAN 2021 PRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Hanyu yufa merupakan salah satu mata kuliah yang diajarkan di prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang yang mengajarkan tentang tata bahasa Mandarin. Berdasarkan angket yang telah dibagikan kepada mahasiswa angkatan 2020 prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang, sebagian besar mahasiswa menganggap mata kuliah hanyu yufa adalah mata kuliah yang sulit untuk dipelajari. Ada banyak faktor yang menyebabkan mahasiswa menganggap hanyu yufa sulit untuk dipelajari, salah satu nya yaitu faktor buku pelajaran. Kesulitan-kesulitan yang dialami mahasiswa angkatan 2020 prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, apakah hal ini juga dialami oleh mahasiswa angkatan 2021 prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis ingin menganalisis kesulitan belajar mata kuliah hanyu yufa pada mahasiswa angkatan 2021 prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dihadapi mahasiswa angkatan 2021 prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang pada mata kuliah hanyu yufa, dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa angkatan 2021 prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang mengalami kesulitan belajar pada mata kuliah hanyu yufa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2021 prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang yang berjumlah 33 mahasiswa. Pengambilan data dalam penelitian ini melalui angket, wawancara, dan observasi. Hasil dari penelitian ini yaitu kesulitan belajar yang terjadi pada mahasiswa angkatan 2021 prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang dikarenakan kurangnya penguasaan kosakata bahasa Mandarin yang mahasiswa miliki, serta pengetahuan yufa yang mahasiswa miliki masih rendah. Dilihat dari faktor internal penyebab mahasiswa mengalami kesulitan pada mata kuliah hanyu yufa yaitu dikarenakan kurangnya keaktifan mahasiswa dalam bertanya, dan kurangnya penguasaan kosakata bahasa Mandarin. Sementara itu, dilihat dari faktor eksternal dikarenakan karena banyaknya materi pada mata kuliah hanyu yufa, serta kurangnya waktu pembelajaran pada mata kuliah hanyu yufa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesulitan, Belajar, Hanyu Yufa
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:21
Last Modified: 25 Mar 2024 07:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62372

Actions (login required)

View Item View Item