Pembelajaran Kebencanaan Alam Berwawasan SETS Terintegrasi pada Pokok Bahasan Daur Air pada Siswa Kelas V SD


Sunariyah, 4201407062 (2011) Pembelajaran Kebencanaan Alam Berwawasan SETS Terintegrasi pada Pokok Bahasan Daur Air pada Siswa Kelas V SD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Kebencanaan Alam Berwawasan SETS Terintegrasi pada Pokok Bahasan Daur Air pada Siswa Kelas V SD]
Preview
PDF (Pembelajaran Kebencanaan Alam Berwawasan SETS Terintegrasi pada Pokok Bahasan Daur Air pada Siswa Kelas V SD) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Indonesia adalah negara yang rawan terjadi bencana alam. Seiring dengan meningkatnya kasus bencana alam yang terjadi dari tahun ke tahun di Indonesia. Upaya untuk menciptakan dan meningkatkan pemahaman tentang bencana alam adalah melalui pembelajaran disekolah-sekolah. Pembelajaran kebencanaan alam terintegrasi pada mata pelajaran IPA merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap kebencanaan alam. Wawasan SETS dipilih sebagai pendekatan pembelajaran karena SETS mengaitkan konsep-konsep sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat sebagai satu kesatuan yang terpadu. Tujuan pendekatan SETS adalah membantu peserta didik mengetahui sains dan bagaimana perkembangan sains dapat mempengaruhi lingkungan, teknologi dan masyarakat secara timbal balik. Penelitian ini dilakukan di SD Ngesrep 02, merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Terdapat dua kelas sebagai subyek penelitian dan diberi perlakuan yang berbeda. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran IPA dengan menggunakan wawasan SETS, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan pembelajaran model diskusi. Pemahaman materi daur air dan kebencanaan alam secara kognitif dapat diketahui dengan memberikan soal pretest dan posttest kepada siswa, skor sikap terhadap pencegahan kebencanaan alam diperoleh melalui angket dan skor psikomotorik diperoleh melalui observasi. Hasil analisis menggunakan uji gain menunjukkan bahwa besarnya gain peningkatan rata-rata pemahaman materi daur air berturut-turut sebesar 0,55 untuk kelas eksperimen dan 0,42 untuk kelas kontrol, sedangkan pemahaman kebencanaan alam sebesar 0,37 untuk kelas eksperimen dan 0,16 untuk kelas kontrol. Hasil analisis angket sikap siswa pada kelas eksperimen sebesar 81,38%, sikap siswa pada kelas kontrol sebesar 78,24% sedangkan aktivitas psikomotorik siswa kelas eksperimen 74,21% dan pada kelas kontrol sebesar 71,59%. Hasil analisis uji signifikansi peningkatan rata-rata pemahaman daur air diperoleh thitung sebesar 5,18 dan pemahaman kebencanaan alam thitung sebesar 5,64 serta ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,02. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi daur air dan kebencanaan alam, sikap serta aktivitas psikomotorik siswa yang diajar dengan wawasan SETS lebih tinggi daripada yang diajar dengan menggunakan model diskusi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kebencanaan Alam, Wawasan SETS, SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 Oct 2011 00:30
Last Modified: 25 Apr 2015 06:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6237

Actions (login required)

View Item View Item