REAKSI PASAR TERHADAP PENGUMUMAN STATUS KATEGORI PENDAPATAN INDONESIA OLEH BANK DUNIA (Studi pada perusahaan LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)


Nisa Nurfaizah, 7311417179 (2023) REAKSI PASAR TERHADAP PENGUMUMAN STATUS KATEGORI PENDAPATAN INDONESIA OLEH BANK DUNIA (Studi pada perusahaan LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pasar modal mempunyai peran penting dalam perekonomian negara. Pasar modal tidak pernah lepas dari berbagai pengaruh lingkungan, baik itu lingkungan ekonomi maupun non-ekonomi. Pengumuman peristiwa kerap menjadi faktor utama terjadinya fluktuasi harga saham di bursa efek dunia. Informasi yang relevan sangat membantu bagi para investor dalam menilai prospek kinerja emiten sehingga investor mempunyai gambaran mengenai risiko dan expected return atas dana yang akan atau telah diinvestasikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan average abnormal return, average trading activity dan average security return variability sebelum dan sesudah pengumuman status kategori pendapatan Indonesia oleh Bank Dunia. Metode yang digunakan untuk menentukan jumlah sampel adalah motede purposive sampling. Periode penelitian terbatas pada t-5 sebelum peristiwa dan t+5 setelah peristiwa. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 4 hipotesis pada pengumuman pertama tidak ada perbedaan signifikan pada average abnormal return, dan tidak terdapat perbedaan signifikan pada average security return variability. Pada pengumuman kedua ada perbedaan signifikan pada average abnormal return, dan terdapat perbedaan signifikan pada average security return variability. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi peneliti selanjutnya dapat menambah peristiwa di tahun yang berbeda. Perhatikan juga dalam periode penelitian apakah terdapat peristiwa lain yang dapat berpengaruh terhadap pasar atau tidak. Bagi investor hasil penelitian ini bisa menjadi bahan rujukan untuk mengambil keputusan berinvestasi. Bagi manajer investasi diharapkan untuk dapat mengidentifikasi kembali informasi yang berkaitan dengan pengumuman suatu peristiwa yang menjadi faktor eksternal terhadap aktivitas perdagangan saham.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Abnormal Return, Trading Volume Activity, Security Return Variability, Status Kategori Pendapatan
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:51
Last Modified: 25 Mar 2024 06:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62358

Actions (login required)

View Item View Item