PROSES PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING MENGGAMBAR POSTER SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 38 SEMARANG


ANNISA CIKAL ACHADDANI, 2401417040 (2022) PROSES PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING MENGGAMBAR POSTER SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 38 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan utama dari penelitian yang berjudul Proses Pelaksanaan Pembelajaran Daring Menggambar Poster Selama Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 38 Semarang yaitu ingin mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran menggambar poster berbasis daring selama pandemi covid-19 bagi siswa SMP Negeri 38 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Dalam kegiatan pembelajaran dibutuhkan unsur-unsur yang mendukung di antaranya: pemilihan kompetensi yang sesuai, spesifikasi indikator-indikator evaluasi untuk menentukan keberhasilan pencapaian kompetensi, pengembangan sistem pengajaran serta evaluasi dan penilaian. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, pembelajaran menggambar poster kelas VIII A SMP Negeri 38 Semarang menggunakan kurikulum 2013 dengan alokasi waktu 3x pertemuan dengan model pembelajaran jarak jauh dan tatap muka secara langsung dengan media pembelajaran aplikasi Google Meet, Google Classroom yang dibantu juga oleh fitur aplikasi WhatsApp Group dan metode yang digunakan adalah diskusi dan tanya jawab secara daring dan tatap muka secara langsung. Kedua, telah dihasilkan karya gambar poster dari 32 siswa kelas VIII A sebanyak 25 karya. pada saat praktik menggambar poster, siswa dibagi dalam dua kelompok belajar. Hal ini dikarenakan adanya pandemic covid-19 agar tidak menyebar ke siswa-siswa. Untuk siswa dengan urutan absen nomor 1 sampai nomor 16 adalah kloter pertama, dan siswa dengan urutan absen nomor 17 sampai nomor 32 adalah kloter kedua. Dan yang terakhir yaitu, terdapat kesulitan atau kendala saat proses pembelajaran berlangsung. Kendala tersebut berupa jaringan signal tidak lancar, bisa dari pihak guru maupun siswa. Kendala selanjutnya yaitu kuota internet yang boros dikarenakan selama pandemi covid-19, semua siswa SMP Negeri 38 Semarang diwajibkan untuk mengikuti pembelajaran berbasis daring menggunakan media online yang bisa mengakses internet. Media tersebut berupa Google Meet, Google Classroom, WhatsApp dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Menggambar Poster
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:52
Last Modified: 25 Mar 2024 06:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62357

Actions (login required)

View Item View Item