PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERBASIS PROBLEM-BASED-LEARNING (PBL) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIH KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA


Millana Aulia, 4401418080 (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERBASIS PROBLEM-BASED-LEARNING (PBL) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIH KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Peran pendidikan Nasional menjadi sangat penting untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, unggul dan memiliki berbagai macam keterampilan untuk bersaing di Era Revolusi Industri 4.0. Salah satunya kemampuan literasi sains. Berdasarkan hasil observasi, kemampuan literasi sains siswa masih tergolong rendah, bahan ajar yang memfasilitasi siswa masih terbatas. Kemudian proses pembelajaran yang masih konvensional dan kurangnya minat belajar siswa terhadap sains. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan lembar kerja peserta didik yang valid, praktis digunakan untuk melatih kemampuan literasi sains siswa SMA pada materi perubahan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan, yaitu Research and Development (R&D). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan produk oleh Dick and Carry yang dikenal dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analysis, desaign, development or production, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Mranggen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Instrument tes berupa soal postest yang diujikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui potensi lembar kerja peserta didik dalam melatih kemampuan literasi sains siswa. Sedangkan angket digunakan untuk mengetahui kepraktisan penggunaan e-LKPD yang telah dikembangkan. Angket siswa dan guru dibuat menggunakan skala likert. Berdasarkan hasl penelitian, produk e-LKPD berbasis problem based learning diperoleh nilai persentase kevalidan materi sebesar 72,90% kevalidan media sebesar 88,67%, persentase kepraktisan sebesar 80,33%, serta persentase perolehan hasil tes kemampuan literasi sains kelas eksperimen 67,71% dan kelas kontrol sebesar 59,58%. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis PBL pada materi perubahan lingkungan merupakan lembar kerja yang praktis untuk digunakan, kemudian berpotensi untuk melatih kemampuan literasi sains siswa SMA, dan sangat valid digunakan sebagai media pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, Perubahan Lingkungan, Problem Based Learning, Kemampuan Literasi Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:45
Last Modified: 25 Mar 2024 06:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62351

Actions (login required)

View Item View Item