Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Pelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungbanteng Tahun Pelajaran 2010/1011


Astri Handayani , 4201407006 (2011) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Pelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungbanteng Tahun Pelajaran 2010/1011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Pelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungbanteng Tahun Pelajaran 2010/1011]
Preview
PDF (Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Pelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungbanteng Tahun Pelajaran 2010/1011) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan modal yang harus dimiliki oleh peserta didik sebagai bekal dalam menghadapi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang semakin pesat pada masa sekarang. Pembelajaran dengan menerapkan kemampuan berpikir kritis menunjukkan prestasi yang lebih baik dalam menyelesaikan permasalahan dan peserta didik lebih termotivasi dalam belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu model pembelajaran NHT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan metode ekspositori pada materi sub pokok bahasan pemantulan cahaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian berupa Pretest-Posttest Control Group Design. Oleh karena itu, terdapat dua kelas yang diberi perlakuan yang berbeda. Kelas yang siswanya diajar menggunakan model pembelajaran NHT adalah kelas eksperimen (kelas VIII A) dan kelas yang siswanya diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori adalah kelas kontrol (kelas VIII B). Pengambilan sampel menggunakan cara random sampling. Berdasarkan hasil uji gain ternormalisasi data hasil penelitian diperoleh besarnya faktor gain peningkatan kemampuan berpikir kritis adalah 0,6 untuk kelas eksperimen dan 0,3 untuk kelas kontrol. Jadi, simpulan dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan metode ekspositori pada materi sub pokok bahasan pemantulan cahaya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together (NHT), Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 Oct 2011 00:26
Last Modified: 25 Apr 2015 06:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6235

Actions (login required)

View Item View Item