PENERAPAN E-MODULE MATERI SEL BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA


Eka Silvi Septiani, 4401417098 (2022) PENERAPAN E-MODULE MATERI SEL BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh menyebabkan penurunan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis pada siswa. Siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Tuntang Kab. Semarang mengalami penurunan hasil belajar sebesar 23,5% dan penurunan keterampilan berpikir kritis sebesar 50%. Penurunan hasil belajar disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah kurangnya sumber belajar yang dapat digunakan siswa secara mandiri. Modul merupakan sumber belajar yang memiliki karakteristik yaitu dapat digunakan secara mandiri. mengandung materi yang lengkap dan sistematis, dapat digunakan kapanpun dan dimanapun, serta mudah dalam penggunaannya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa setelah penggunaan E-module materi sel berbasis web. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest and posttest. Penelitian dilaksanakan di SMA N 1 Tuntang, pada bulan Oktober sampai November 2021. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 62 siswa dari kelas XI MIPA SMA N 1 Tuntang. Perlakuan dalam penelitian ini menggunakan E-module materi sel berbasis web sebagai sumber belajar. E-module materi sel berbasis web ini dapat digunakan sebagai sumber berlajar mandiri karena terdapat materi yang lengkap dan sistematis, latihan soal serta instrumen evaluasi berupa soal dan lembar kerja siswa dengan nilai yang langsung muncul sebagai timbal balik evaluasi pembelajaran. E-module dapat diakses secara online maupun offline sehingga dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Metode pembelajaran yang digunakan untuk mendukung penggunaan E-module materi sel berbasis web adalah discovery learning. Hasil perhitungan Uji N-gain pada hasil belajar kognitif siswa mendapatkan skor 0,73 termasuk dalam kategori tinggi. Hasil uji N-gain keterampilan berpikir kritis siswa mendapatkan skor 0,446 termasuk dalam kategori sedang. Indikator keterampilan berpikir kritis yang digunakan adalah interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Rata-rata persentase peningkatan empat indikator keterampilan berpikir kritis siswa adalah 17,08%. Simpulan dari penelitian ini adalah E-module Materi Sel Berbasis Web valid digunakan sebagai sumber belajar mandiri. E-module Materi Sel Berbasis Web dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Module, Hasil Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, Materi Sel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:39
Last Modified: 25 Mar 2024 06:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62347

Actions (login required)

View Item View Item