PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BERBASIS OBJEK GEOMETRIS PADA ANAK KELOMPOK B1 TK TARBIYATUL ATHFAL BANJARAN 02 KABUPATEN JEPARA


Nurul Muhimmatul Aliyah, 2401415049 (2023) PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BERBASIS OBJEK GEOMETRIS PADA ANAK KELOMPOK B1 TK TARBIYATUL ATHFAL BANJARAN 02 KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

belajaran menggambar berbasis objek geometris pada anak kelompok B1 TK Tarbiyatul Athfal Banjaran 02 Kabupaten Jepara. penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) menjelaskan pembelajaran menggambar berbasis objek geometris pada anak kelompok B1 TK Tarbiyatul Athfal Banjaran 02 Kabupaten Jepara, (2) menjelaskan hasil gambar anak pada pembelajaran menggambar berbasis objek geometris pada anak kelompok B1 TK Tarbiyatul Athfal Banjaran 02 Kabupaten Jepara, dan (3) menjelaskan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran menggambar berbasis objek geometris pada anak kelompok B1 TK Tarbiyatul Athfal Banjaran 02 Kabupaten Jepara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pembelajaran menggambar berbasis objek geometris dilaksanakan dengan empat tahap kegiatan yaitu pembukaan, inti, recalling, dan penutup, (2) hasil gambar anak Kelompok B1 TK Tarbiyatul Athfal Banjaran 02 dibagi dengan tiga kategori yaitu, baik, sedang, dan cukup, (3) faktor pendukung dari pembelajaran menggambar berbasis objek geometris adalah suasana belajar yang menyenangkan, komunikasi yang baik, kemampuan guru mengkondisikan kelas, kondisi lingkungan yang mendukung, dan kemampuan guru dalam bercerita. Sedangkan faktor penghambatnya adalah anak tidak memiliki kebudayaan menggambar, ekspektasi wali murid yang tinggi, dan penggunaan spidol membuat seragam rentan terkena coretan. Saran dari peneliti yaitu objek geometris dapat dimanfaatkan guru untuk memberikan variasi teknik dalam pembelajaran menggambar untuk mengembangkan kemampuan motorik halus serta meningkatkan eksplorasi anak dalam kegiatan menggambar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Anak Usia Dini, Menggambar, Geometris
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:39
Last Modified: 25 Mar 2024 06:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62346

Actions (login required)

View Item View Item