EFEKTIVITAS MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBLOG PADA PEMBELAJARAN MATERI METABOLISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK


Asmini Mauliyawati, 4401417021 (2022) EFEKTIVITAS MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBLOG PADA PEMBELAJARAN MATERI METABOLISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar metabolisme peserta didik kelas XII SMAN 1 Bringin Kabupaten Semarang berupa hasil belajar kognitif, minat, dan keterampilan menyusun laporan praktikum tergolong rendah selama dilaksanakannya pembelajaran daring. Penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik di antaranya media pembelajaran yang tidak bersifat interaktif dan multimedia serta dapat digunakan peserta didik secara mandiri. Weblog dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dengan karakteristik multimedia dan interaktif, dapat digunakan dengan mudah secara terbimbing maupun mandiri, dapat digunakan kapanpun di manapun, serta tidak menghabiskan banyak biaya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media E-learning berbasis weblog materi metabolisme dalam meningkatkan hasil belajar kognitif, minat belajar, serta keterampilan menyusun laporan praktikum. Desain penelitian ini menerapkan Quasi Experiment dengan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan kelas XII MIPA 3 sebagai kelompok eksperimen, dan kelas XII MIPA 4 sebagai kelompok kontrol. Variabel bebas dari penelitian ini adalah media E-learning berbasis weblog dan media slide presentasi, sementara variabel terikat dari penelitian ini adalah hasil belajar kognitif, minat belajar, dan keterampilan peserta didik dalam menyusun laporan praktikum. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dengan 20 soal pilihan ganda, angket minat, dan lembar observasi. Efektivitas weblog dalam meningkatkan hasil belajar kognitif ditentukan oleh perbedaan rata-rata nilai tes dan perbedaan rata-rata peningkatan hasil tes. Efektivitas weblog dalam meningkatkan minat belajar ditentukan oleh tingkat capaian minat belajar dan perbedaan rata-rata skor minat belajar. Keterampilan menyusun laporan praktikum menggunakan weblog ditinjau dari keterampilan per komponen dan keterampilan secara menyeluruh. Hasil belajar kognitif menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes dan rata-rata peningkatan hasil tes kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol berbeda secara nyata berdasarkan uji t. Minat belajar menunjukkan bahwa > 90% peserta didik kelompok eksperimen berada pada kategori minat belajar Tinggi-Sangat Tinggi, serta rata-rata skor minat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berbeda secara nyata berdasarkan uji t. Keterampilan menyusun laporan praktikum peserta didik menggunakan weblog > 85% berada pada kategori keterampilan Baik�Sangat Baik di semua komponen laporan praktikum, serta keterampilan menyusun laporan praktikum peserta didik secara keseluruhan termasuk ke dalam kategori Baik. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa media E-learning berbasis weblog materi metabolisme efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif, minat belajar, serta keterampilan menyusun laporan praktikum.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-learning berbasis weblog, hasil belajar, metabolisme
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:28
Last Modified: 25 Mar 2024 06:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62338

Actions (login required)

View Item View Item