DETERMINAN ENVIRONMENTAL DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN INDUSTRI DI BURSA MALAYSIA


Dzikri Fitriyana, 7211417025 (2022) DETERMINAN ENVIRONMENTAL DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN INDUSTRI DI BURSA MALAYSIA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan lingkungan tidak dapat dipisahkan dari peran perusahaan terutama sektor industri. Kompleksnya permasalahan lingkungan yang diakibatkan oleh aktivitas perusahaan membuat organisasi dunia memberikan perhatiannya dengan mengeluarkan standar agar perusahaan lebih transparan melakukan pengungkapan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, board size, kepemilikan manajerial, environmental performance, women director, dan tipe audit terhadap environmental disclosure. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor industrial product and services yang terdaftar dalam Bursa Malaysia tahun 2020. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling dan diperoleh 146 unit analisis. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode dokumentasi. Data tersebut diperoleh dari situs resmi Bursa Malaysia https://www.bursamalaysia.com/ serta website resmi masing-masing perusahaan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, analisis inferensial, dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa board size, environmental performance, dan tipe auditor berpengaruh positif signifikan terhadap environmental disclosure, sedangkan profitabilitas, kepemilikan manajerial dan women director tidak berpengaruh terhadap environmental disclosure. Berdasarkan analisis tersebut dapat dijelaskan bahwa perusahaan yang memiliki board size lebih besar, memiliki sertifikasi ISO 14001, dan diaudit oleh KAP big four memaparkan tingkat environmental disclosure yang lebih tinggi dalam annual report perusahaan. Namun, tingkat profitabilitas, kepemilikan manajerial, dan women director yang ada di perusahaan tidak mempengaruhi tingkat environmental disclosure. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengukur tingkat environmental disclosure dengan menggunakan teknik content analysis. Penelitian selanjutnya juga dapat menambah variabel kinerja keuangan lainnya yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Saran bagi perusahaan, diharapkan tidak hanya memfokuskan pengungkapan pada aspek sosial dalam sustaibility report, tetapi juga meningkatkan environmental disclosure.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Board Size, Kepemilikan Manajerial, Environmental Performance, Women Director, Tipe Audit, Environmental Disclosure.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Mar 2024 05:19
Last Modified: 25 Mar 2024 05:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62331

Actions (login required)

View Item View Item