PENGARUH LATIHAN SCISSORS JUMP DAN LATERAL BOUND TERHADAP KECEPATAN MENGGIRING BOLA PADA PS POP BHAYANGKARA MUDA SEMARANG


Adam Kurnia Pratama, 6211418113 (2022) PENGARUH LATIHAN SCISSORS JUMP DAN LATERAL BOUND TERHADAP KECEPATAN MENGGIRING BOLA PADA PS POP BHAYANGKARA MUDA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kecepatan menggiring menjadi aspek penting dalam sepak bola untuk melakukan serangan balasan dan menciptakan gol ke gawang lawan. Berdasarkan hasil observasi ditemukan, kecepatan menggiring bola pemain PS POP Bhayangkara Muda Semarang kurang baik. Latihan scissors jump dan lateral bound dapat berpengaruh terhadap kecepatan menggiring bola.Tujuan penelitian ini membandingkan latihan antara scissors jump dan lateral bound guna meningkatan kecepatan menggiring bola pemain. Penelitian ini menggunakan eksperimen kuantitatif, melalui tes dan analisis data. Analisis data menggunakan uji prasyarat dan hipotesis. Variabel penelitian ini adalah variabel bebas meliputi latihan scissors jump dan latihan lateral bound serta variabel terikat yaitu menggiring bola. Populasi penelitian ini pemain PS POP Bhayangkara Muda Semarang dengan jumlah sampel 21 pemain. Instrumen yang digunakan yatu Instrumen dribbling Bobby Charlton. Hasil penelitian menununjukan rata-rata nilai pretest scissors jump 9.45 ± 0.59 dan nilai posttest 8.97 ± 0.62 dengan peningkatan ∆ 0.48 dan P < .001. sedangkan lateral bound memiliki rata-rata nilai pretest 9.50 ± 0.68 dan nilai posttest 9.34 ± 0.65 dengan peningkatan ∆ 0,16 dan P < .003. Sedangan kelompok kontrol memiliki rata-rata nilai pretest 9.43 ± 0.57 dan nilai posttest 9.74 ± 0.64 dengan peningkatan ∆ -0.3 dan P < .005. Scissors jump dan lateral bound berpengaruh terhadap kecepatan menggiring bola pemain PS POP Bhayangkara Muda Semarang. scissors jump lebih memiliki pengaruh terhadap kecepatan menggiring bola dibanding latihan lateral bound. Latihan power sangat diperlukan untuk melatih kekuatan otot pemain sepak bola.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: scissors jump, lateral bound, menggiring bola
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2024 05:15
Last Modified: 25 Mar 2024 05:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62330

Actions (login required)

View Item View Item