HUBUNGAN ARCUS PEDIS DAN INDEKS MASSA TUBUH TERHADAP KELINCAHAN PADA SISWA EKSTRAKULIKULER BASKET SMA NEGERI 1 MAYONG JEPARA


Eis Sartika Herawati, 6211415049 (2020) HUBUNGAN ARCUS PEDIS DAN INDEKS MASSA TUBUH TERHADAP KELINCAHAN PADA SISWA EKSTRAKULIKULER BASKET SMA NEGERI 1 MAYONG JEPARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam cabang olahraga permainan bola basket, kelincahan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan prestasi. Kelincahan adalah kemampuan mengubah arah gerakan dengan cepat dan tepat pada saat bergerak tanpa kehilangan keseimbangan dan kesadaran akan posisinya, sehingga diperlukan salah duanya yaitu koordinasi gerak tubuh, dan kemampuan pergerakan kaki untuk menghindari lawan. Hal ini sangat berkaitan dengan bentuk dan sendi tulang-tulang kaki terhadap kelincahan untuk mengubah arah gerakan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan arcus pedis dan indeks massa tubuh terhadap kelincahan pada siswa ekstrakulikuler basket SMA Negeri 1 Mayong Jepara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakulikuler basket SMA Negeri 1 Mayong Jepara yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden dengan arcus pedis normal dan indeks massa tubuh normal lebih memiliki kecenderungan yang lebih baik dalam hal kelincahan dibanding dengan responden dengan telapak kaki flat dan indeks massa tubuh gemuk. Dengan hasil uji rata-rata menunjukkan kaki normal dan IMT normal terdapat kelincahan baik (2 orang), sedangkan kaki flat dan IMT gemuk terdapat kelincahan kurang atau tidak lincah. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan arcus pedis dan indeks massa tubuh terhadap kelincahan pada siswa ekstrakulikuler basket di SMA Negeri 1 Mayong Jepara. Saran yang dapat peneliti berikan adalah sebagai bahan pertimbangan dan referensi bahwa seseorang dengan lengkung telapak kaki normal dapat melakukan kelincahan dengan baik dibandingkan dengan yang memiliki lengkung telapak kaki datar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Arcus Pedis, Indeks Massa Tubuh, Kelincahan
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2024 05:11
Last Modified: 25 Mar 2024 05:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62328

Actions (login required)

View Item View Item