Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Pokok Menurut Tingkat Berpikir Geometri van Hiele


Kusniati , 4101407075 (2011) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Pokok Menurut Tingkat Berpikir Geometri van Hiele. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Pokok Menurut Tingkat Berpikir Geometri van Hiele]
Preview
PDF (Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Pokok Menurut Tingkat Berpikir Geometri van Hiele) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Geometri merupakan salah satu cabang mata pelajaran matematika yang memerlukan pemikiran dan penalaran yang kritis, serta kemampuan abstraksi yang logis. Nilai rata-rata tes formatif materi pokok segiempat siswa kelas VII SMP Negeri 1 Winong tahun ajaran 2009/2010 adalah 52. Ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran geometri pada materi pokok segiempat masih sangat rendah. Sehingga diperlukan analisis untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan tingkat perkembangan berpikir geometri Van Hiele. Tingkatan tersebut meliputi tingkat visualisasi, analisis, deduksi informal, deduksi, dan rigor. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pencapaian pemahaman geometri siswa pada tingkat perkembangan berpikir geometri menurut van Hiele, serta jenis kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi pokok segiempat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian pemahaman geometri siswa pada tingkat perkembangan berpikir geometri menurut van Hiele, serta mengetahui jenis kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal tes pada materi pokok segiempat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer, yaitu data tertulis dari hasil pekerjaan siswa dan data hasil wawancara dengan siswa. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, pengecekan keabsahan data melalui triangulasi, dan penarikan simpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pencapaian tingkat perkembangan berpikir geometri menurut teori van Hiele dari 38 anak didapatkan 28 anak berada pada tingkat 0 (visualisasi), 9 anak berada pada tingkat 1 (analisis), dan 1 anak berada pada tingkat deduksi informal. Penelitian ini berfokus pada tujuh siswa yang menjadi subjek penelitian. Jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh subjek penelitian adalah kesalahan konsep. Hal ini dikarenakan pemahaman konsep segiempat yang kurang. Sehingga untuk mengurangi banyaknya kesalahan konsep yang dilakukan siswa pada materi pokok segiempat, perlu mempertimbangkan kemampuan dan pengetahuan siswa dalam memberikan materi serta menekankan pembelajaran pada pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis, kesalahan, geometri, teori van Hiele.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 Oct 2011 00:21
Last Modified: 25 Apr 2015 06:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6232

Actions (login required)

View Item View Item