PREPARASI KARBON AKTIF DARI KULIT PISANG KEPOK (Musa paradisiaca L.) SEBAGAI ADSORBEN ION Pb(II) DAN Cu(II) DALAM LARUTAN


Okti Purwanti, 4311415035 (2023) PREPARASI KARBON AKTIF DARI KULIT PISANG KEPOK (Musa paradisiaca L.) SEBAGAI ADSORBEN ION Pb(II) DAN Cu(II) DALAM LARUTAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Preparasi karbon aktif dari kulit pisang kepok (Musa paradisiaca L.) sebagai adsorben ion Pb(II) dan Cu(II) dalam larutan telah dilakukan. Kulit pisang kepok digunakan sebagai bahan baku karbon aktif karena memiliki kandungan lignoselulosa yang tinggi yaitu mencapai 90,3%. Logam Pb(II) dan Cu(II) merupakan logam berat. Penelitian ini menggunakan ZnCl2 sebagai aktivator dengan rasio (3 : 1). Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sintesis dan karakteristik karbon aktif dari kulit pisang kepok serta mengetahui kondisi optimum adsorpsi logam Pb(II) dan Cu(II) dalam larutan yaitu optimasi pH, waktu kontak, dan konsentrasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakterisasi karbon aktif menggunakan FT-IR terdapat gugus O-H, C=O, C-H, C-O, Zn-Cl, dan Zn. pada karbon aktif tanpa aktivasi dan setelah teraktivasi ZnCl2. Karakterisasi menggunakan surface area analyzer dengan metode BET menunjukan hasil luas permukaan sebesar 2,278 m2 /g pada karbon aktif tanpa aktivasi dan diameter pori sebesar 2,0548 nm termasuk dalam kategori mesopori. Sedangkan karbon aktif teraktivasi ZnCl2 memiliki luas permukaan sebesar 106,287 m2 /g dan diameter pori sebesar 1,5111 nm termasuk dalam kategori mikropori. Kondisi optimum adsorpsi logam Pb(II) yaitu pada pH 6, waktu kontak 60 menit, dan konsentrasi 0,24 mmol/L, sedangkan optimasi adsorpsi logam Cu(II) yaitu pada pH 4, waktu kontak 75 menit, dan konsentrasi 0,18 mmol/L.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karbon Aktif, Kulit Pisang Kepok, Adsorpsi, Pb(II) dan Cu(II)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2024 05:00
Last Modified: 25 Mar 2024 05:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62311

Actions (login required)

View Item View Item