KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA TANGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SD GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KABUPATEN SEMARANG


Agil Vina Febriana, 1401418301 (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA TANGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SD GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran matematika kelas IV di SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Semarang menggunakan model Direct Instruction (DI), namun dalam penerapannya belum dilaksanakan sesuai sintaks, serta dalam proses pembelajaran belum melibatkan peran siswa secara aktif. Media gambar yang digunakan guru kurang menarik bagi siswa karena hanya bisa diamati secara visual, sehingga tingkat pemahaman siswa menjadi kurang. Hal ini dibuktikan dengan data hasil belajar muatan matematika siswa yang tuntas KKM hanya mencapai 54%. Pola pikir siswa yang menganggap matematika sulit berpengaruh terhadap kurangnya motivasi siswa untuk belajar matematika. Penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media tangram dalam pembelajaran sangat diperlukan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan model PBL berbantuan media tangram terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Hasil penelitian ini diperoleh rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, yaitu pada kelas eksperimen rata-rata nilai posttest mencapai 85,85, sedangkan pada kelas kontrol hanya mencapai 73,44. Proporsi ketuntasan hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih dari 75% yang dibuktikan dengan nilai zhitung kelas eksperimen lebih besar dari nilai ztabel (2,577 > 1,645). Hasil perhitungan uji perbedaan rata-rata dengan t-test polled varians menunjukkan bahwa H1 diterima karena nilai thitung = 5,063 lebih besar dari ttabel = 2,032, artinya rata-rata nilai hasil belajar matematika siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen mencapai 0,74 dengan kategori tinggi, sedangkan di kelas kontrol sebesar 0,47 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media tangram dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi keliling dan luas bangun datar, sehingga efektif untuk diterapkan pada pembelajaran matematika siswa kelas IV di SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Semarang dibandingkan dengan model DI berbantuan media gambar. Saran pada pelaksanaan model PBL berbantuan media tangram, guru hendaknya memberikan pengalaman langsung untuk siswa dalam menemukan sendiri suatu konsep materi sehingga pembelajaran lebih efektif dan bermakna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, model problem based learning, media tangram, hasil belajar matematika.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:39
Last Modified: 25 Mar 2024 04:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62306

Actions (login required)

View Item View Item