PENGEMBANGAN BOOKLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI MANUSIA MASA PRA AKSARA KELAS VII DI MTSN 10 BOYOLALI


Anita Ariani Arifin, 3601418070 (2022) PENGEMBANGAN BOOKLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI MANUSIA MASA PRA AKSARA KELAS VII DI MTSN 10 BOYOLALI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam aktivitas belajar mengajar. Media pembelajaran dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan memudahkan peserta didik dalam menerima materi yang diberikan oleh guru. Adanya media pembelajaran sangat menunjang jalanya proses pembelajaran itu sendiri. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi guru untuk mengembangkan maupun memanfaatkan penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) merumuskan spesifikasi produk pengembangan booklet sebagai media pembelajaran IPS pada materi manusia masa pra aksara di kelas VII MTsN 10 Boyolali, (2) menganalisis kelayakan media booklet pada materi manusia masa pra aksara di kelas VII MTsN 10 Boyolali untuk dijadikan sebagai media pembelajaran, (3) mengetahui respon peserta didik kelas di VII MTsN 10 Boyolali terhadap media booklet pada materi manusia masa pra aksara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) yang diadaptasi oleh Sugioyono. Karena keterbatasan waktu dan biaya, langkah yang diambil oleh peneliti hanya sampai pada tujuh langkah dari sepuluh langkah, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk. Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan teknik wawancara analisis kebutuhan, angket validasi, angket respon guru dan peserta didik Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengembangan media booklet didasarkan dengan pertimbangan analisis kebutuhan dengan spesifikasi booklet dibuat praktis namun dapat menarik minat peserta didik dalam pembelajaran IPS, (2) penilaian dari ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa media booklet yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak dengan perolehan nilai dari ahli materi sebesar 77,9% dan ahli media sebesar 98%, (3) produk yang sudah layak, dilakukan uji coba produk oleh guru dan peserta didik dengan perolehan nilai dari guru sebesar 82,6% dan respon peserta didik sebesar 85,1%. Maka dari perolehan nilai dari ahli materi dan media serta respon guru dan peserta didik menyatakan bahwa media booklet layak digunakan dalam pembelajaran IPS di kelas VII MTsN 10 Boyolali.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, Booklet, Manusia Masa Pra Aksara
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:31
Last Modified: 25 Mar 2024 04:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62298

Actions (login required)

View Item View Item