PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG ANGKATAN 2015 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Prasetyo Widodo, 2302415060 (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG ANGKATAN 2015 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar adalah tingkat keberhasilan seseorang yang dinyatakan dalam simbol, angka, huruf, maupun kalimat, karena seseorang telah melakukan suatu usaha yang berupa kegiatan pembelajaran. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya yaitu motivasi belajar. Motivasi belajar adalah doronganuntuk menggerakan seseorang bertingkah laku ke arah yang lebih baik untuk mencapai tujuan tertentu serta menambah dan memhami pengetahuan demi mencapai prestasi. Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang dianggap penting dalam menunjang perolehan hasil belajar yang baik. Untuk itu, diperlukan adanya pembuktian kebenaran untuk argument tersebut melalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar, bagaimana hasil belajarnya, dan bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2015 Universitas Negeri Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2015 Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan metode diskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional dengan responden sebanyak 54 mahasiswa . Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Product Moment dilanjutkan dengan rumus Regresi Linear dibantu dengan menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat motivasi belajar dan hasil belajar yang diperoleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2015 Universitas Negeri Semarang cukup baik, akan tetapi masih ada beberapa hal yang harus ditingkatkan. Selain itu besarnya pengaruh yang diberikan oleh variabel motivasi belajar terhadap hasil belajar adalah sebesar 12,4% dan 87,6% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:25
Last Modified: 05 Apr 2024 01:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62296

Actions (login required)

View Item View Item