HUBUNGAN RESILIENSI AKADEMIK DENGAN STRES AKADEMIK MAHASISWA


Dwi Yuliani Safitri, 1511418126 (2023) HUBUNGAN RESILIENSI AKADEMIK DENGAN STRES AKADEMIK MAHASISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan terhadap proses pendidikan di Indonesia. Hal ini menjadi tantangan besar bagi Pendidikan di Indonesia dalam menerapkan model pembelajaran aring agar pembelajaran tetap berlangsung. Sistem Pembelajaran Daring yang diberlakukan pemerintah guna mengurangi penyebaran covid�19 menjadi stressor akademik bagi individu dengan segala perubahan dan kesulitan. Sehingga dibutuhkan kemampuan adaptasi dengan situasi yang menyebabkan stres dan meningkatkan kemampuan psikologis yang disebut dengan resiliensi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan resiliensi akademik dengan stres akademik. Penelitian ini menggunakan jenis metode kuantitatif, dengan menggunakan desain penelitian korelasional yang melibatkan dua variabel yaitu stres akademik sebagai variabel terikat dan resiliensi akademik sebagai variabel bebas. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif dalam perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia yang berjumlah 258. Alat pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah skala Student�life Stres Inventory yang terdiri dari 51 item dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,879 dan skala The Academic Resilience Scale-30 yang terdiri dari 30 item dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,925. Teknik pengambilan sampling dilakukan menggunakan teknik Convenience Sampling.Sedangkan metode analisis data yang digunakan yaitu analisis pearson. Hasil dari penelitian ini data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi pearson product moment, sehingga diperoleh nilai r sebesar -0,316 dan p-value < 0,05. Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara resiliensi akademik dengan stres akademik dengan arah hubungan negatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Resiliensi akademik, Stres Akademik, Pembelajaran Daring
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:26
Last Modified: 25 Mar 2024 04:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62295

Actions (login required)

View Item View Item