PERAN POKLAHSAR DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN PRODUK OLAHAN IKAN DI DESA GEMPOLSEWU KECAMATAN ROWOSARI KABUPATEN KENDAL


Putri Aprilia Fatmawati, 3601417044 (2022) PERAN POKLAHSAR DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN PRODUK OLAHAN IKAN DI DESA GEMPOLSEWU KECAMATAN ROWOSARI KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Laut dijadikan sebagai sumber perekonomian sebagian besar Masyarakat Desa Gempolsewu sebagai nelayan, namun hasil tangkapan ikan sebagian besar hanya dijual segar di TPI dan di pasar dengan harga jual yang rendah karena cepat membusuk. Kondisi perekonomian masyarakat Desa Gempolsewu tidak mengalami peningkatan. Karena faktor tersebut Poklahsar yang dibentuk oleh salah satu warga Desa Gempolsewu berupaya untuk mengadakan pemberdayaan masyarakat melalui pembuatan berbagai produk olahan perikanan yang memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi dibandingkan dijual secara segar. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui proses pemberdayaan yang dilakukan oleh Poklahsar pada masyarakat Desa Gempolsewu. 2) Mengetahui dampak sosial dan ekonomi yang dialami oleh masyarakat Desa Gempolsewu setelah mengikuti pemberdayaan yang dilakukan oleh Poklahsar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di Desa Gempolsewu, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Penelitian ini menggunakan konsep pemberdayaan dan teori peran. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: 1) Proses pemberdayaan yang diadakan oleh Poklahsar dilakukan melalui tiga tahap yang meliputi tahap penyadaran dan pembentukan perilaku, tahap transformasi, serta tahap peningkatan intelektual. 2) Dampak sosial ekonomi yang dialami masyarakat Desa Gempolsewu setelah adanya Poklahsar berupa memiliki nilai sosial yang tinggi, meingkatkan interaksi antar warga dan memperluas relasi. Dampak ekonomi yang dialami oleh masyarakat Desa Gempolsewu yaitu jumlah pengangguran berkurang, serta terbiasa untuk melihat peluang dalam berdagang dan menambah penghasilan bagi warga. Saran bagi pemerintah Desa dapat memfasilitasi dalam proses pemberdayaan berupa hadiah dan penghargaan, bagi pihak Poklahsar dapat menambah relasi dan produk yang diolah di Poklahsar, dan bagi masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam pemberdayaan yang diadakan oleh Poklahsar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran, Pemberdayaan, Masyarakat Pesisir
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:22
Last Modified: 25 Mar 2024 04:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62291

Actions (login required)

View Item View Item