PENGEMBANGAN E-LKPD FISIKA BERBASIS STEM BERBANTUAN APLIKASI WIZER.ME UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS


Nur Fitriani, 4201418054 (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD FISIKA BERBASIS STEM BERBANTUAN APLIKASI WIZER.ME UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang diperlukan dalam abad ke-21. Namun data PISA 2018 menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa di Indonesia tergolong rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan E-LKPD berbasis Science, Technologi, Engineering and Mathematics (STEM) berbantuan aplikasi Wizer.me. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan karakteristik E-LKPD fisika berbasis STEM berbantuan aplikasi Wizer.me untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, (2) menghasilkan E-LKPD fisika berbasis STEM berbantuan aplikasi Wizer.me yang layak untuk digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, (3) mengetahui tingkat keterbacaan E-LKPD fisika berbasis STEM berbantuan aplikasi Wizer.me, (4) mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya E-LKPD fisika berbasis STEM berbantuan aplikasi Wizer.me dalam pembelajaran dan (5) mengetahui respon siswa terhadap penggunaan E-LKPD. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Design uji coba menggunakan pre experiment jenis one group pretest-posttest design. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 10 siswa kelas X MIPA 6 dan 36 siswa kelas X MIPA 5. Metode pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, wawancara, angket kelayakan E-LKPD, angket respon siswa, tes rumpang dan tes uraian. Teknik analisa data dilakukan dengan menganalisa karakteristik STEM dalam E-LKPD, menguji kelayakan, keterbacaan dan respon siswa dengan menggunakan metode deskriptif persentase serta menggunakan uji N-Gain untuk menganalisa peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa.Hasil penelitian menunjukkan (1) E-LKPD fisika berbasis STEM berbantuan aplikasi Wizer.me memiliki karakteristik yang memuat aspek STEM, (2) E-LKPD dinyatakan sangat layak oleh validator ahli dengan persentase kelayakan 91, 17%, (3)E-LKPD mudah dipahami oleh siswa dengan tingkat keterbacaan 88,5%, (4) penggunaan E-LKPD dalam pembelajaran efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam kategori sedang dengan nilai N�Gain 0,48 dan (5) siswa memberikan respon sangat baik terhadap penggunaan E�LKPD fisika berbasis STEM berbantuan aplikasi Wizer.me dalam pembelajaran. dengan persentase 86,33%. Dengan demikian, E-LKPD fisika berbasis STEM berbantuan aplikasi Wizer.me dinyatakan valid dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis, E-LKPD Fisika Berbasis STEM, Wizer.me
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:18
Last Modified: 25 Mar 2024 04:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62290

Actions (login required)

View Item View Item