PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS MELALUI INSTAGRAM DENGAN TEKNIK TOKUSATSU


Taufik Ridho Iano, 4201418020 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS MELALUI INSTAGRAM DENGAN TEKNIK TOKUSATSU. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang Penelitian ini didasarkan pada kekurangan potensi bahan ajar media cetak sehingga mengakibatkan beberapa kendala dan pentingnya pemanfaatan teknologi digital untuk menyesuaikan pendidikan zaman sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang menarik dengan media penyampaiannya menggunakan media sosial instagram dengan bantuan video contoh penerapan dan penambahan efek tokusatsu pada video tersebut beserta daya tari, kepraktisan, dan kelayakan bahan ajar. Penelitian ini menggunakan model R&D dengan desain Addie dan pengujiannya menggunakan pre-experimental design (non design) tipe the one group pretest-posttest yang dilakukan pada siswa X MIPA 5 SMAN 1 Merangin yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, validasi, uji pengguna, pretest, dan posttest. Analisis data dengan menghitung jumlah skor tes siswa dan membandingkan jumlah skor sesuai dengan kriteria penilaian pre-experimental design (non design) tipe the one group pretest�posttest, Sedangkan untuk data lainnya diambil dari hasil observasi, validasi, dan uji pengguna. Hasil validasi menunjukan bahwa bahan ajar yang dikembangkan oleh peneliti ini telah layak diuji cobakan kepada para siswa dengan hasil validasi media rata-rata 92,5% yang berkriteria sangat layak dan hasil validasi materi rata-rata 95,3% yang berkriteria sangat layak. Bahan ajar yang dikembankan dinilai 80,9% praktis, 76,85% menarik, dan cukup efektif dilihat dari uji pengguna (77,67%) dan uji tes (32% dalam uji N-Gain berkriteria sedang) . Peneliti menyarankan agar pengembangan bahan ajar melalui media instagram dengan materi yang cukup banyak, ada baiknya dibuat satu postingan saja atau dibuat beberapa bagian. Disarankan juga untuk mengunduh bahan ajar tersebut dengan menggunakan aplikasi IG Downloader sehingga siswa tidak perlu menggunakan internet untuk membukannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, ADDIE, Instagram, Momentum dan Impuls
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:10
Last Modified: 25 Mar 2024 04:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62285

Actions (login required)

View Item View Item