PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM INTERFERENSI GELOMBANG BUNYI BERBANTUAN VISUAL ANALYSER


Setyadi Rizqi Mahardhika, 4201415063 (2022) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM INTERFERENSI GELOMBANG BUNYI BERBANTUAN VISUAL ANALYSER. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan modul praktikum interferensi gelombang bunyi dengan bantuan perangkat lunak Visual Analyser dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan modul praktikum yang dikembangkan serta pengaruh penggunaan modul dapat mengembangkan keterampilan membaca grafik dan pemahaman konsep interferensi gelombang bunyi. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan model ADDIE dengan responden yaitu mahasiswa jurusan fisika UNNES yang menempuh mata kuliah gelombang yang dilakukan melalui perkuliahan daring Zoom. Hasil dari penelitian ini berdasarkan valisadi ahli materi, media, dan bahasa mendapatkan kategori layak, sedangkan berdasarkan angket responden menunjukan ketertarikan yang tinggi dengan kategori sangat layak. Penggunaan modul menunjukkan pengaruh berupa peningkatan pemahaman konsep serta mempermudah responden dalam mengembangkan keterampilan membaca grafik interferensi dan superposisi gelombang bunyi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul praktikum interferensi gelombang bunyi berbantuan Visual Analyser yang dikembangkan layak untuk digunakan dan selanjutnya dapat dikembangkan untuk digunakan di tingkat universitas maupun sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul praktikum, Interferensi gelombang bunyi, Visual Analyser
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:59
Last Modified: 25 Mar 2024 03:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62277

Actions (login required)

View Item View Item