PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI ROTASI DAN REVOLUSI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 6 KARANGRAYUNG


Rika Arifa Isnaini, 5302417008 (2022) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI ROTASI DAN REVOLUSI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 6 KARANGRAYUNG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam dunia pendidikan, media pembelajaran merupakan salah satu faktor penting yang digunakan untuk menunjang keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar. Seperti halnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dalam materi rotasi dan revolusi berisi tentang peristiwa yang terjadi pada bumi, bulan, dan matahari sehingga untuk menjelaskan materi tersebut diperlukan media yang dapat menampilkan gambar secara jelas. Teknologi augmented reality dapat membantu merealisasikan peristiwa rotasi dan revolusi dengan lebih jelas. Dalam penelitian ini peneliti membuat aplikasi media pembelajaran rotasi dan revolusi dengan menerapkan augmented reality untuk siswa Sekolah Dasar agar pembelajaran lebih efektif dan menarik serta membawa pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Aplikasi ini dibuat menggunakan software Unity dan Vuforia SDK. Teknik pengenalan marker menggunakan metode marker-based tracking. Model penelitian yang digunakan adalah model waterfall dengan tahapan communication, planning, modelling, construction, dan deployment. Aplikasi Rotasi dan Revolusi ini dinyatakan sangat layak dengan memperoleh persentase sebesar 93,3% oleh ahli media, 95% oleh ahli materi, dan uji respon siswa memperoleh persentase sebesar 90%. Setelah dilakukan pretest dan posttest mendapatkan rata-rata uji gain sebesar 0,75. Sehingga aplikasi tersebut menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa dibuktikan dengan perolehan uji gain yang mendapatkan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Waterfall, Hasil Belaja
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:59
Last Modified: 25 Mar 2024 03:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62274

Actions (login required)

View Item View Item