PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “FLITEDO” BERBASIS FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN NEMBANG DOLANAN SISWA KELAS III SD NEGERI DLIMAS 01 KABUPATEN BATANG.


Devi Widyasari, 1401418258 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “FLITEDO” BERBASIS FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN NEMBANG DOLANAN SISWA KELAS III SD NEGERI DLIMAS 01 KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang ada di SD Negeri Dlimas 01 yaitu minimnya keterampilan nembang dolanan siswa sehingga perlu adanya media pembelajaran yang tepat pada materi tembang dolanan untuk meningkatkan keterampilan nembang dolanan. Alasan itulah yang mendasari peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa flipbook untuk meningkatkan keterampilan nembang dolanan siswa sebagai topik penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan keefektifan, serta mendeskripsikan hasil belajar psikomotorik penggunaan media pembelajaran flipbook di kelas III SD Negeri Dlimas 01. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Januszewski dan Molenda dengan 5 tahapan meliputi: analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Sampel pada penelitian ini adalah 15 siswa kelas III SD Negeri Dlimas 01 yang mewakili jumlah populasi yaitu 20. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan tes, observasi, wawancara, angket, dan data dokumentasi. Tenik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir dengan uji t dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran “Flitedo” layak digunakan dengan presentasi kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 80% dan kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 96%. Berdasarkan tanggapan guru yang memperoleh hasil 96% dan hasil tanggapan siswa sebesar 100% media pembelajaran dinyatakan sangat layak. Media pembelajaran ini efektif digunakan dibuktikan dengan hasil uji t, nilai sig. 0,00 < 0,05 dan thitung yang lebih besar dari ttabel yaitu 23.316 > 2,131. Dari uji n-gain terjadi peningkatan hasil belajar dari perolehan rata-rata prestest dan postest psikomotorik yaitu sebesar 0,82 dengan kriteria tinggi. Simpulan penelitian ini adalah media “Flitedo” layak digunakan dalam pembelajaran Bahasa Jawa materi tembang dolanan serta efektif untuk meningkatkan keterampilan nembang dolanan siswa kelas III SD Negeri Dlimas 01. Saran yang diberikan dari penelitian ini adalah media pembelajaran “Flitedo” dapat digunakan sebagai media belajar siswa dan dapat dijadikan bahan kajian dalam mengembangkan media pembelajaran yang efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Flitedo; Keterampilan Nembang Dolanan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:49
Last Modified: 25 Mar 2024 03:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62267

Actions (login required)

View Item View Item