PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR


BAIQ APRILIA NOOR ANGGRAINI, 4101418179 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (35MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keterbacaan bahan ajar matematika berbasis PjBL terintegrasi STEM pada materi Bangun Ruang Sisi Datar serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik setelah diterapkannya bahan ajar matematika berbasis PjBL terintegrasi STEM pada materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Tessmer (1993) dengan tahapan analyze, design, dan formative evaluation. Formative evaluation tersebut meliputi expert review, one-to-one evaluation, small group, dan field test (Tessmer, 1993). Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi kelayakan, angket keterbacaan, tes rumpang, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas IX F di SMP Negeri 1 Ungaran. Untuk menguji keefektifan digunakan one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bahan ajar matematika berbasis PjBL terintegrasi STEM untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi Bangun Ruang Sisi Datar telah memenuhi kelayakan bahan ajar menurut BSNP meliputi kelayakan isi, kelayakan bahasa, dan kelayakan penyajian; 2) bahan ajar matematika berbasis PjBL terintegrasi STEM untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi Bangun Ruang Sisi Datar mudah digunakan atau mudah dipahami oleh peserta didik; dan 3) kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik meningkat setelah diterapkannya bahan ajar matematika berbasis PjBL terintegrasi STEM pada materi Bangun Ruang Sisi Datar dalam pembelajaran. Pada hasil peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui pretest-posttest, dengan uji t berpasangan diperoleh hasil rata-rata posttest kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik lebih dari rata-rata pretest dan diperoleh hasil uji N-Gain sebesar 0,33 maka dapat dianggap bahwa pembelajaran menggunakan bahan ajar matematika berbasis PjBL terintegrasi STEM mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan nilai N-Gain sebesar 0,33 dengan kriteria sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, STEM, PjBL, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:43
Last Modified: 25 Mar 2024 03:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62265

Actions (login required)

View Item View Item