HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN OPTIMISME DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN STUDI LANJUT PADA SISWA KELAS IX SMP SE-KECAMATAN WONOTUNGGAL BATANG


Mutmainah, 1301417022 (2023) HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN OPTIMISME DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN STUDI LANJUT PADA SISWA KELAS IX SMP SE-KECAMATAN WONOTUNGGAL BATANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengambilan keputusan studi lanjut merupakan fase yang selalu dialami oleh setiap siswa terutama ketika memasuki kelas IX, berdasarkan fenomena yang terjadi di SMP Negeri Se-Kecamatan Wonotunggal, Batang. Siswa kelas IX masih memiliki sikap ragu-ragu, dilema, serta ketidakpercayaan diri atau takut salah ketika mengambil keputusan pemilihan studi lanjut. Hal ini terjadi lantaran ada beberapa faktor diantaranya yaitu berkaitan dengan jenis pilihan studi lanjut dan pemilihan jurusan baik di sekolah SMA/SMK,MA/MK serta pendidikan setingkat lainnya.Sehingga dibutuhkan kemampuan untuk menilai segenap potensi yang ada didalam dirinya atau yang kita kenal sebagai konsep diri, namun bukan hanya itu saja ada faktor lainnya juga yang ikut andil didalamnya yakni keyakinan dari dalam diri didalam mengatasi permasalahan yang kita kenal sebagai optimisme. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif ex post facto dengan desain korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 126 siswa dari dua sekolah dengan teknik pengambilan sampel Proportioned Random Sampling Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis regresi berganda dengan bantuan program IBM SPSS Statistics versi 21. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dengan pengambilan keputusan studi lanjut (β = 0,154; t = 2,173 p = 0,032), ada hubungan positif dan signifikan antara optimisme dengan pengambilan keputusan studi lanjut (β = 0,591; t = 8,355; p = 0,000) dan dan ada hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dan optimisme secara bersama�sama dengan pengambilan keputusan studi lanjut (R = 0,633; R2 = 0,401 F = 41,133; p = 0,000) yang memiliki arti secara simultan dapat memprediksi pengambilan keputusan studi lanjut dengan kontribusi sebesar 40,1%. Hasil penelitian ini menemukan bahwa konsep diri dan optimisme dapat memprediksi pengambilan keputusan studi lanjut. Disarankan untuk peneliti berikutnya untuk menggunakan konstruk teori yang relevan dengan variabel yang ada, sehingga mendapatkan hasil serta pemahaman yang lebih komprehensif. Untuk saran bagi guru bimbingan dan konseling ialah dapat membantu para siswa untuk memahami tujuan pemilihan studi lanjut yang meliputi jenis dan perbedaan studi lanjut kejenjang menengah atas beserta jurusannya dan juga prospek kedepan melalui pemberian layanan bimbingan kelompok maupun bimbingan klasikal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konsep diri, Optimisme, Pengambilan Keputusan Studi Lanjut
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:37
Last Modified: 25 Mar 2024 03:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62259

Actions (login required)

View Item View Item