Pendidikan Moral bagi Anak Keluarga Buruh Pabrik PT Sai Apparel Industries di Desa Rejosari Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak.


Mawartiningsih, 3301415026 (2023) Pendidikan Moral bagi Anak Keluarga Buruh Pabrik PT Sai Apparel Industries di Desa Rejosari Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan moral penting untuk ditanamkan pada anak sejak dini sebagai pendidikan dasar dalam menjalani kehidupan. Penerapan pendidikan moral pada anak diawali dalam tingkatan keluarga, dimana Ayah dan Ibu merupakan faktor terpenting dalam terwujudnya pendidikan moral tersebut. Tidak terkecuali orangtua dalam keluarga buruh pabrik PT Sai Apparel Industries, meskipun keterbatasan waktu karena pembagian shift kerja, kewajiban mendidik anak tetap menjadi satu hal yang penting bagi mereka, meskipun dengan menggunakan bantuan orang lain seperti kakek, nenek, atau pengasuh anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pendidikan moral yang diterapkan orang tua pada anak di keluarga buruh pabrik PT Sai Apparel Industries di Desa Rejosari, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah desa Rejosari kecamatan Karangawen kabupaten Demak. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi Kepala Desa Rejosari, Keluarga Buruh Pabrik PT Sai Apparel Industries, dan warga Rejosari. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data melalui beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pendidikan moral yang diterapkan pada anak di keluarga buruh pabrik PT Sai Apparel Industries di Desa Rejosari, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak dengan nilai-nilai pendidikan moral diantaranya nilai religiusitas, nilai sosialitas, gender, keadilan ,demokrasi, kejujuran, kemandirian, daya juang (ulet), dan tanggungjawab yang didukung dengan penerapan metode pendidikan moral diantaranya metode keteladanan, pembiasaan, nasehat, dan pengamatan dalam mendidik anak. Saran bagi buruh pabrik PT Sai Apparel Industries di Desa Rejosari sebagai orangtua, agar pelaksanaan pemberian pendidikan moral berjalan dengan baik alangkah baiknya apabila Ayah yang lebih memiliki banyak waktu di rumah mampu mendidik anak dengan baik, dan Ibu yang memiliki keterbatasan waktu di rumah harus tetap meluangkan waktu untuk mendidik dan memantau perkembangan anak. Sehingga, anak merasa mendapatkan perhatian yang penuh dari kedua orangtua nya dan tidak mencari perhatian dengan orang lain. Saran bagi anak buruh pabrik PT Sai Apparel Industries alangkah lebih baik mematuhi orangtua dan bisa membedakan hal yang baik dan buruk, sehingga penyimpangan moral dapat dihindari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan moral anak, Keluarga buruh pabrik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:39
Last Modified: 25 Mar 2024 03:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62258

Actions (login required)

View Item View Item