HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DAN POSITIVE THINKING DENGAN SELF-ACCEPTANCE PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Zahra Novalda, 1301416065 (2022) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DAN POSITIVE THINKING DENGAN SELF-ACCEPTANCE PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena data awal yang terjadi dimana sebagian mahasiswa memiliki hasil rata-rata yang hanya memperoleh kategori cukup pada beberapa aspeknya. Hal ini menunukkan kesenjangan teori yang menjelaskan penerimaan diri mulai banyak terjadi pada masa dewasa awal dimana individu sudah mampu berpikir secara logis, sehingga idealnya penerimaan diri pada masa dewasa awal sudah mencapai tahap stabil. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan positive thinking dengan self-acceptance pada mahasiswa FIP di UNNES. Jenis penelitian ini adalah bersifat kuantitatif deskriptif dengan pendekatan crosssectional. Teknik pengambilan sampel dengan metode snowball sampling dengan sampel berjumlah 95 mahasiswa FIP. Alat pengumpulan data yang digunakan antara lain skala dukungan sosial, skala positive thinking, dan skala self�acceptance. Teknik analisis data menggunakan teknik regresi berganda dengan bantuan SPSS. Hasil analisis deskriptif kuantitatif menunjukkan bahwa tingkat dukungan sosial, positive thinking, dan self-acceptance termasuk dalam kategori Tinggi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial dan positive thinking dengan self-acceptance (R = 0,804, R2 = 0,639 F = 84,331). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi dukungan sosial dan positive thinking, semakin tinggi pula Self-Acceptance mahasiswa. Oleh karena itu, bagi layanan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, dapat mengupayakan lingkungan kampus yang mengedepankan dukungan sosial, positive thinking, dan self-acceptance mahasiswa secara merata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:31
Last Modified: 25 Mar 2024 03:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62253

Actions (login required)

View Item View Item