KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE PADA MODEL PEMBELAJARAN PREPROSPEC BERBANTUAN TIK


Elsa Novarensa Lutfiani, 4101418113 (2023) KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE PADA MODEL PEMBELAJARAN PREPROSPEC BERBANTUAN TIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu kemampuan dasar yang perlu dimiliki oleh peserta didik. Selain aspek kognitif, aspek afektif juga perlu diperhatikan, dalam hal ini merupakan self-confidence. Pada proses pembelajaran, pemilihan model harus tepat untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Pada abad ke-21 peranan teknologi sangat penting, oleh karena itu model pembelajaran Preprospec berbantuan TIK dapat dimanfaatkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) memperoleh hasil uji keefektifan model pembelajaran Preprospec berbantuan TIK pada kemampuan koneksi matematis; (2) memperoleh hasil uji ada tidaknya pengaruh self-confidence peserta didik terhadap kemampuan koneksi matematis pada model Preprospec berbantuan TIK; (3) memperoleh deskripsi terkait kemampuan koneksi matematis yang ditinjau dari self-confidence peserta didik dari model pembelajaran Preprospec berbantuan TIK. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed methods dengan model explanatory sequential design. Subjek pada penelitian ini merupakan peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 26 Semarang dan dipilih enam peserta didik dari kelas tersebut untuk dilakukan wawancara. Analisis tes kemampuan koneksi matematis mengacu pada empat indikator kemampuan menurut Saminanto & Kartono (2015), yaitu koneksi dalam satu topik matematika, koneksi antartopik dalam matematika, koneksi antara matematika dan ilmu lainnya, dan koneksi antara matematika dan kehidupan sehari�hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran Preprospec berbantuan TIK efektif pada kemampuan koneksi matematis peserta didik, dengan memenuhi kriteria rata-rata kemampuan setelah diberikan perlakuan lebih dari KKM, kemampuan setelah diberikan perlakuan mencapai ketuntasan klasikal, rata�rata kemampuan yang diberikan perlakuan lebih dari rata-rata kemampuan menggunakan model konvensional dan proporsi kemampuan yang diberikan perlakuan lebih dari proporsi kemampuan menggunakan model konvensional; (2) terdapat pengaruh self-confidence terhadap kemampuan koneksi matematis pada model pembelajaran Preprospec berbantuan TIK; dan (3) diperoleh deskripsi baru pada kemampuan koneksi matematis ditinjau dari self-confidence menggunakan model pembelajaran Preprospec berbantuan TIK yaitu: a) peserta didik dengan kategori self-confidence tinggi cenderung mampu dalam dua indikator kemampuan koneksi matematis yaitu koneksi dalam satu topik matematika, dan koneksi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan koneksi matematis, Preprospec berbantuan TIK, self-confiden
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:24
Last Modified: 25 Mar 2024 03:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62249

Actions (login required)

View Item View Item