IMPLEMENTASI PROGRAM BINA KELUARGA REMAJA DALAM MEWUJUDKAN KETAHANAN KELUARGA DI KAMPUNG KB CANDISARI KABUPATEN PURWOREJO


Evada Fitri Hardiyanti, 1201418017 (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM BINA KELUARGA REMAJA DALAM MEWUJUDKAN KETAHANAN KELUARGA DI KAMPUNG KB CANDISARI KABUPATEN PURWOREJO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kelompok BKR merupakan wahana yang tepat untuk melaksanakan bimbingan, pembinaan, dan memberikan pengetahuan kepada keluarga yang mempunyai remaja. Selain itu BKR dapat menjadi tempat komunikasi, interaksi, dan tukar pengalaman serta pemikiran antara keluarga yang sedang atau menghadapi permasalahan remaja. Tujuan penelitian ini yakni, (1) mendeskripsikan proses implementasi program Bina Keluarga Remaja di kampung KB Candisari Kabupaten Purworejo, (2) mendeskrisikan peran BKR dalam mewujudkan ketahanan keluarga, dan (3) mendekripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam mewujudkan ketahanan keluarga. Metode pendekatan penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder, data primer berasal dari pihak kader BKR, remaja, dan orang tua remaja, sedangkan data sekunder diperoleh melalui pencarian mengenai data lembaga dan buku. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik tringulasi yaitu tringulasi waktu, tringulasi sumber, dan tringulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian (1) implementasi program dan penerapan program BKR kepada keluarga melalui kegiatan penyuluhan. Tahap implementasi terdiri dari tahap interpretasi yaitu tahap pengenalan program kepada masyarakat, tahap penggorganisasian yaitu tahap pembentukan pengurus BKR dan penentapan kader BKR, dan tahap aplikasi yaitu kader melaksanakan penyuluhan, kunjungan rumah, pencatatan dan pelaporan, dan kemitraan kelompok. (2) peran BKR dalam mewujudkan ketahanan keluarga melalui 8 fungsi keluarga dan membangun komunikasi yang efektif antara orang tua dan remaja. (3) faktor pendukung adalah kader yang aktif mengikuti kegiatan, sasaran yang aktif, sarana dan prasarana yang memadai, dan dukungan dari pemerintah setempat, sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah kurang nya pendanaan. Simpulan dari penelitian ini adalah implementasi program BKR dilihat melalui tahap interpretasi, penggoraganisasian, dan aplikasi. Penerapan program dengan penyuluhan materi. Peran BKR dalam mewujudkan ketahanan keluarga dengan 8 fungsi keluarga dan membangun komunikasi yang efektif antara orang tua dan remaja. Dan faktor pendukung dan penghambat dalam upaya menwujudkan ketahanan keluarga. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat upaya BKR dalam mewujudkan ketahanan keluarga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Bina Keluarga Remaja, Ketahanan Keluarga
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:22
Last Modified: 25 Mar 2024 03:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62248

Actions (login required)

View Item View Item