PERANCANGAN ALAT BANTU PENYEMBELIHAN DAN PENGULITAN KAMBING TERPADU


Ridwan Kurniawan, 5201418043 (2022) PERANCANGAN ALAT BANTU PENYEMBELIHAN DAN PENGULITAN KAMBING TERPADU. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Proses penyembelihan dan pengulitan kambing sering dijumpai masih menggunakan cara lama tanpa adanya bantuan dari alat apapun khusunya di UMKM sate kambing milik Bapak Jahir yang telah di observasi. Sehingga menyebabkan jagal mengeluh rasa sakit pada punggung, leher, kaki dan lengan cepat lelah sehingga menyebabkan alat bantu tersebut kurang efektif, efisien dan ergonomis. Penelitian ini menggunakan metode 4D dengan tahapan define, design, development, dan disseminate. Pengujian desain dan spesifikasi, kinerja dan keergonomisan dari alat bantu menggunakan angket yang diisi oleh 25 orang responden pada saat Idul Adha. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif untuk mendeskripsikan hasil desain dan spesifikasi alat bantu, kinerja alat bantu dan keergonomisan. Berdasarkan hasil uji validasi desain dan spesifikasi alat bantu dari 25 orang responden pada penelitian ini telah menghasilkan desain alat bantu penyembelihan dan pengulitan kambing yang awalnya terpisah setelah dilakukan pengembangan dapat digabungkan menjadi satu kesatuan alat yang terpadu dan mendapatkan total nilai 83,1% dengan predikat sangat layak digunakan. Hasil uji coba kinerja alat bantu dari tiap komponen serta hasil pengulitan yang dihasilkan dari alat bantu penyembelihan dan pengulitan kambing terpadu mendapatkan total nilai 82,3% dengan predikat sangat layak dari 25 orang responden. Hasil uji coba keergonomisan dari penggunaan alat bantu penyembelihan dan pengulitan kambing terpadu mendapatkan total nilai 85% dengan predikat sangat layak oleh 25 orang responden. Alat bantu penyembelihan dan pengulitan kambing terpadu yang dirancang diharapkan dapat meningkatan keefektifan, keefisienan dan keergonomisan dibandingkan dengan alat bantu yang ada di UMKM sate kambing milik Bapak Jahir yang telah di observasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perancangan, alat bantu, terpadu, penyembelihan kambing, pengulitan kambing, kinerja alat, efektif, efisien, ergonomis, metode 4D
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:28
Last Modified: 25 Mar 2024 03:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62247

Actions (login required)

View Item View Item