EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA TANAH LONGSOR OLEH BPBD DAN MDMC WONOSOBO PADA EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN SD MUHAMMADIYAH TIENG


Isma Istiyana, 3201416007 (2022) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA TANAH LONGSOR OLEH BPBD DAN MDMC WONOSOBO PADA EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN SD MUHAMMADIYAH TIENG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Bencana tanah longsor Desa Tieng Kejajar dapat diminimalisir dengan dilakukannya pendidikan mitigasi bencana tanah longsor oleh BPBD dan MDMC melalui ekstrakurikuler hizbul wathan tingkat pengenal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk 1) mengetahui pelaksanaan pendidikan mitigasi bencana tanah longsor oleh BPBD dan MDMC, 2) efektivitas dari pelaksanaan pendidikan mitigasi bencana tanah longsor oleh BPBD dan MDMC. Penelitian ini merupakan penelitian pre- eksperimental designs dengan desain one group pre test-post test. Populasi penelitian ini adalah anggota Hizbul Wathan tingkat pengenal SD Muhammadiyah Tieng. Teknik sampling menggunakan simple random sampling. Variabel penelitian ini yaitu pelaksanaan dan efektivitas pelaksanaan. Metode pengumpulan data berupa wawancara, tes, angket, dokumentasi dan observasi. Analisis data hasil penelitian menggunakan tabel distribusi frekuensi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta menunjukkan pendidikan mitigasi tanah longsor oleh BPBD dan MDMC efektif dalam meningkatkan aktivitas pada pembelajaran, respon dan minat dan hasil belajar siswa pada pendidikan mitigasi bencana tanah longsor. Berdasarkan hasil perhitungan MDMC indikator aktivitas 96,6% sedang menjadi 76,6% kategori tinggi. Respon dan minat 76,6% sedang menjadi 76,6% tinggi. Hasil belajar 67,5% sedang meningkat menjadi 92,5 kategori tinggi. Hasil perhitungan BPBD indikator aktivitas memperoleh 78,6% kategori sedang enjadi 86 kategori tinggi. Respon dan minat dari 70% sedang menjadi 83,3 kategori tinggi. Hasil belajar dari 73,3% kategori sedang menjadi 100% kategori tinggi. Penerapan pembelajaran luring mitigasi bencana tanah longsor oleh BPBD dan MDMC pada kegiatan ekstrakulikuler Hizbul Wathan tingkat pengenal efektif dalam meningkatkan aktivitas peserta didik, respon dan minat, serta hasil belajar berupa pengetahuan mitigasi bencana tanah longsor. Saran untuk pelaksanaan pendidikan mitigasi bencana tanah longsor secara luring oleh BPBD dan MDMC pada peserta Hizbul Wathan tingkat pengenal SD Muhammadiyah Tieng sebaiknya dilanjutkan dan dilaksanakan di SD guna meningkatkan kesiapsiagaan siswa serta perlu adanya kreatifitas dari guru agar pembelajaran lebih menarik, perlu kerjasama dari semua pihak agar pendidikan mitigasi bencana dapat diterapkan di sekolah yang rawan terdampak bencana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Mitigasi Bencana Tanah Longsor, Hizbul Wathan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:23
Last Modified: 25 Mar 2024 03:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62246

Actions (login required)

View Item View Item