PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA


Nila Rahmatul Izzah, 4101418086 (2023) PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah pembelajaran matematika menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) efektif terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kombinasi (mixed method). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Mathalibul Huda Mlonggo tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan antara lain tes kemampuan komunikasi matematis, angket respon siswa terhadap model pembelajaran, dan wawancara. Teknik pengolahan data kuantitatif dilakukan dengan uji ketuntasan berdasarkan rata-rata dan proporsi, uji beda rata-rata, dan uji peningkatan. Sedangkan pengolahan data kualitatif berdasarkan analisis hasil wawancara dan pengisian angket respon siswa terhadap model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa pada model pembelajaran CIRC mencapai ketuntasan klasikal, (2) Rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran CIRC lebih dari rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas kontrol, (3) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran CIRC lebih dari rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas kontrol. Adapun respon siswa terhadap model pembelajaran CIRC adalah positif. Deskripsi kemampuan komunikasi matematis berdasarkan kategori tinggi, sedang, dan rendah dan respon terhadap model pembelajaran CIRC yaitu: Siswa dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi mampu memenuhi 4 indikator: (1) memberikan penjelasan sederhana; (2) menyatakan penjelasan dalam bahasa atau simbol matematika; (3) membuat penjelasan lebih lanjut; (4) membuat kesimpulan, memberikan respon yang cenderung positif terhadap model pembelajaran CIRC yaitu mayoritas setuju dengan model pembelajaran CIRC. Siswa dengan kemampuan komunikasi matematis sedang mampu memenuhi 2 indikator: (1) memberikan penjelasan sederhana; (2) menyatakan penjelasan dalam bahasa atau simbol matematika, memberikan respon yang cenderung positif terhadap model pembelajaran CIRC yaitu mayoritas setuju dengan model pembelajaran CIRC. Siswa dengan kemampuan komunikasi matematis rendah hanya mampu memenuhi 1 indikator: (1) memberikan penjelasan sederhana, memberikan respon yang cenderung positif terhadap model pembelajaran CIRC yaitu mayoritas setuju dengan model pembelajaran CIRC

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CIRC, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:18
Last Modified: 25 Mar 2024 03:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62243

Actions (login required)

View Item View Item