PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI GURU DI SMA NEGERI 12 SEMARANG.


Diah Wahyu Annisa, 1102418048 (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI GURU DI SMA NEGERI 12 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah mempunyai peranan penting dalam mengatur sumber daya sekolah guna mencapai tujuan pendidikan. Pendidikan abad-21 menunjukkan bahwa kompetensi TIK guru yang baik sangat dibutuhkan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang mampu bersaing secara global, maka dari itu kepemimpinan kepala sekolah dibutuhkan untuk mendukung dan meningkatkan kompetensi TIK guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tanggapan guru dalam proses kepemimpinan kepala sekolah dalam mendukung kompetensi TIK guru di SMA Negeri 12 Semarang dan mengetahui seberapa besar pengaruh bentuk kepemimpinan kepala sekolah dalam mendukung kompetensi TIK guru di SMA Negeri 12 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi TIK guru di SMA Negeri 12 Semarang. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh positif terhadap kompetensi TIK guru, dengan koefisien regresi sebesar 0,059 dan tingkat signifikansi 0,157. Hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki sedikit pengaruh terhadap kompetensi TIK guru. Hasil R Square sebesar 0,108 atau 10,8% yang artinya kepemimpinan kepala sekolah memberikan pengaruh sebesar 10,8% terhadap kompetensi TIK guru, dengan hasil persamaan regresi linear sederhana yaitu Y = 9,783 + 0,059X. Hasil penelitian ini bermanfaat pada kajian managing tentang bagaimana secara efektif mengelola sumber daya manusia, proses, infrastruktur dan teknologi yang sesuai untuk meningkatkan pembelajaran dan kinerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, kepala sekolah, kompetensi teknologi informasi dan komunikasi, kompetensi guru
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:17
Last Modified: 25 Mar 2024 03:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62241

Actions (login required)

View Item View Item